LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEENAGE LEARNING CENTER DI KABUPATEN KUTAI BARAT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN

HAMNISA, TESSA OKTERVIANI (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEENAGE LEARNING CENTER DI KABUPATEN KUTAI BARAT DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 015753.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 115753.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 215753.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA 315753.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 415753.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
TA 515753.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA 615753.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

eperti yang kita ketahui, pendidikan memiliki perananan yang sangat penting dalam kehidupan, salah satunya adalah peran dalam mencerdaskan generasi muda serta mengembangkan potensi pada diri setiap individu. Pada zaman sekarang pendidikan secara garis besar terbagi menjadi tiga yaitu formal, non-formal dan informal. Pendidikan informal saat ini sudah mendapatkan perhatian yang lebih karena mampu memberikan peranan yang cukup besar untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas. Pendidikan informal dianggap sebagai sebuah sarana untuk mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kabupaten Kutai Barat sering dikenal sebagai Kota Kabupaten yang kaya akan budaya, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang didukung oleh lahan yang cukup luas untuk pengembangan daerah namun kurang memiliki fasilitas dan tempat yang mendukung generasi muda untuk belajar dan berkembang dalam bidang pendidikan informal untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda di Kabupaten Kutai Barat. Oleh karena itu perlu adanya bangunan Teenage Learning Center di Kabupaten Kutai Barat yang menyediakan wadah untuk enam kegiatan belajar yaitu art & culture, library, learning & discussion, mini botanical garden, evironmental science technology dan student entrepreneurship, karena enam hal tersebut memiliki bagian yang besar untuk mendukung fasilitas pendidikan di Kabupaten Kutai Barat. Ada beberapa hal yang mampu memicu tingkat semangat belajar dan ketertarikan pengguna yaitu tata ruang luar dan tata ruang dalam sehingga mampu memberikan kesan yang nyaman dan menarik bagi pengguna melalui pendekatan Arsitektur Modern. Penerapan teori Arsitektur Modern mencakup elemen arsitektural seperti bentuk dan wujud, warna, tekstur, bukaan, proporsi dan skala yang akan mempengaruhi perasaan dan sifat pengguna sehingga menciptakan suasana yang mampu meningkatkan semangat belajar dan kreatifitas generasi muda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kabupaten Kutai Barat, Teenage Learning Center, Arsitektur Modern.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2021 11:02
Last Modified: 23 Apr 2021 11:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23811

Actions (login required)

View Item View Item