Subagyo, Try Yulius Eky (2012) PERSEPSI KELUARGA DI YOGYAKARTA TERHADAP KELUARGA IDEAL DALAM IKLAN SABUN KELUARGA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Persepsi Keluarga Ideal pada Iklan Televisi Sabun Lifebuoy, Nuvo Family dan Dettol). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03094.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03094.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03094.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text (Bab II)
3KOM03094.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03094.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Semakin lama produk yang ditujukan untuk keluarga semakin banyak sehingga pengembangan image mengenai sebuah keluarga ideal harus semakin jelas dan kongkrit. Isi pesan iklan sabun Lifebuoy, Nuvo Family dan Dettol menjadi sebuah stimulus bagi audiens dalam hal ini adalah kepala keluarga untuk membentuk persepsi mengenai sebuah keluarga ideal dilihat dari susunan anggota keluarga tersebut yang terdiri dari seorang ayah, seorang ibu dengan dua orang anak yang masing – masing terdiri dari seorang anak laki – laki dan seorang anak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi keluarga ideal pada iklan televisi yakni iklan sabun Lifebuoy versi “Anak sekolah”, Nuvo Family versi “Selalu bahagia tanpa kuman” dan Dettol versi “Buka puasa”. Data diperoleh dari hasil wawancara di lapangan kepada 18 (delapan belas) informan dengan berbagai latar belakang seperti suku, agama dan tingkat penghasilan yang dimiliki oleh tiap informan. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara rinci mengenai persepsi keluarga ideal pada iklan – iklan tersebut. Iklan ini dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang sebuah iklan yang mengandung unsur keluarga ideal dilihat dari susunan anggota keluarganya, didukung dengan aktivitas – aktivitas lain yang identik dengan stereotip keluarga ideal. Setiap individu memiliki persepsi keluarga ideal yang berbeda – beda. Masyarakat beranggapan bahwa sebuah iklan dikatakan dapat menampilkan sebuah keluarga ideal jika talent dalam iklan tersebut adalah seorang ayah, seorang ibu dengan dua orang anak yang terdiri dari anak laki – laki dan anak perempuan, karena susunan keluarga semacam itu lebih dimaknai dalam perspektif yang mengarah pada imaji sebuah keluarga yang lengkap. Selain talent, faktor yang berpengaruh agar iklan dapat dikategorikan sebagai iklan yang mengandung unsur keluarga ideal adalah setting dan aktivitas dalam iklan tersebut. Setting dan aktivitas yang dilakukan diluar ruangan seperti pada peternakan atau bahkan sawah dengan aktivitas – aktivitas yang dilakukan bersama – sama dengan penuh keceriaan dan kegembiraan dianggap dapat merepresentasikan sebuah keluarga ideal dalam sebuah iklan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perbedaan later belakang seperti suku, agama dan tingkat penghasilan dapat memperngaruhi persepsi seseorang akan sebuah keluarga ideal, jadi tidak selamanya anggapan sebuah keluarga ideal adalah sebuah keluarga yang terdiri dari seorang ayah, seorang ibu dengan dua orang anak yakni anak laki – laki dan anak perempuan. Terlihat adanya kecenderungan bahwa media tidak selamanya bisa mempengaruhi persepsi seseorang akan sesuatu. Pada penelitian selanjutnya, diharapkan agar melakukan penggalian lebih dalam untuk mengukur sejauh mana peran iklan-iklan tersebut dalam membentuk persepsi keluarga ideal, dengan responden yang lebih variatif lagi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Keluarga Ideal dalam iklan Televisi, Susunan Anggota Keluarga |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 09:09 |
Last Modified: | 01 May 2013 12:50 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/239 |
Actions (login required)
View Item |