PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, KEPEMILIKAN ASING, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MULTINASIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2017

Witanti, Rani (2021) PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, KEPEMILIKAN ASING, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR MULTINASIONAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2017. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rani Witanti)
14 04 215261.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 04 215262.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
14 04 215263.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
14 04 215264.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)

Abstract

Transfer pricing merupakan suatu fenomena yang sering terjadi pada perusahaan multinasional yang bergerak di bidang manufaktur. Transfer pricing yang dilakukan oleh perusahaan multinasional didorong oleh alasan pajak maupun bukan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh penghindaran pajak, tunneling incentive, kepemilikan asing, dan ukuran perusahaan terhadap transfer pricing. Penghindaran pajak diukur menggunakan proksi cash ETR (cash effective tax rate), tunneling incentive diukur dengan persentase kepemilikan saham mayoritas, kepemilikan asing diukur menggunakan proksi jumlah kepemilikan pihak asing dibagi dengan total saham beredar, ukuran perusahaan diukur menggunakan proksi log total aset, dan transfer pricing diukur menggunakan proksi rasio nilai transaksi pihak berelasi (related party transaction/RPT) penjualan atas total penjualan perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah 142 perusahaan manufaktur multinasional yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 15 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data arsip sekunder yang bersumber dari www.idx.co.id. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penghindaran pajak berpengaruh positif terhadap transfer pricing, tunneling incentive berpengaruh positif terhadap transfer pricing, kepemilikan asing berpengaruh negatif terhadap transfer pricing, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap transfer pricing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pajak, tunneling incentive, kepemilikan asing, ukuran perusahaan, transfer pricing.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 May 2021 12:24
Last Modified: 25 Sep 2021 13:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23900

Actions (login required)

View Item View Item