PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR, TEKANAN KETAATAN, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK YOGYAKARTA DAN SEMARANG

Sujana, I Gede (2020) PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR, TEKANAN KETAATAN, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK YOGYAKARTA DAN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (I Gede Sujana)
14 04 215671.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
14 04 215672.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
14 04 215673.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
14 04 215674.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengalaman auditor, tekanan ketaatan, dan kompleksitas tugas terhadap audit judgment di Kantor Akuntan Publik (KAP) Yogyakarta dan Semarang. Hal ini diteliti karena audit judgment merupakan hal yang penting dalam aktivitas audit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Terdapat 44 responden yang berlatar belakang auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) Yogyakarta dan Semarang sebagai sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengalaman auditor berpengaruh positif terhadap audit judgment artinya semakin berpengalaman seorang auditor maka akan semakin baik audit judgment yang dihasilkan, sedangkan variabel tekanan ketaatan dan variabel kompleksitas tugas berpengaruh negatif terhadap audit judgment artinya semakian tinggi tekanan dan semakin kompleks tugas yang diterima oleh auditor maka akan semakin menurunkan audit judgment yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: audit judgment, pengalaman auditor, tekanan ketaatan, dan kompleksitas tugas.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 07 May 2021 14:08
Last Modified: 07 May 2021 14:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23929

Actions (login required)

View Item View Item