PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS, DAN BELANJA MODAL TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA TAHUN 2018

Dewi, Elisabeth Aprilia Sukma (2021) PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS, DAN BELANJA MODAL TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Elisabeth Aprilia Sukma Dewi)
16 04 225641.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
16 04 225642.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
16 04 225643.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
16 04 225644.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian kembali penelitian terdahulu antar variabel independen yaitu pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dan belanja modal terhadap kemandirian keuangan. Objek dalam penelitian ini adalah Kemandirian Keuangan dan subjek pada penelitian ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah Pemerintah Daerah di Indonesia. Jenis data dalam penelitian ini merupakan jenis data arsip sekunder, yaitu data yang dikumpulkan dari catatan yang sudah ada. Penelitian ini mengambil sampel menggunakan metode nonprobabilitas dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini Laporan Realisasi APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) seluruh Pemeritah Daerah Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia yang telah diaudit BPK pada periode tahun 2018 dengan jumlah 220 sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Modal berpengaruh positif terhadap kemandirian keuangan daerah. Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum tidak berpengaruh terhadap kemandirian keuangan daerah, sedangkan Dana Alokasi Khusus berpengaruh negatif terhadap kemandirian keuangan daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Belanja Modal, Kemandirian Keuangan.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 17 May 2021 12:26
Last Modified: 17 May 2021 12:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23952

Actions (login required)

View Item View Item