PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Wicaksono, Yulius Bayu (2020) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
EA 020722.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA 120722.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA 220722.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA 320722.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
EA 420722.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA 520722.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh karakteristik perusahaan terhadap audit report lag. Sampel penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2018. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap audit report lag. Perusahaan yang memiliki total aset yang lebih besar akan menyelesaikan audit lebih lama dibanding perusahaan yang memiliki total aset kecil. Variabel leverage berpengaruh positif terhadap audit report lag. Perusahaan yang memiliki rasio leverage yang tinggi akan menunda publikasi laporan keuangan untuk mengurangi resiko. Variabel profitabilitas berpengaruh negatif terhadap audit report lag.Auditor dituntut untuk melakukan peneyelesaian audit lebih cepat agar goodnews segera disampaikan sehingga audit report lag akan semakin pendek dibanding perusahaan yang menderita keruagian. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh positif terhadap audit report lag sedangkan profitabilitas berpengaruh negatif terhaadap audit report lag.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Audit report lag, Ukuran perusahaan, Leverage, Profitabilitas
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 May 2021 13:41
Last Modified: 17 May 2021 13:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item