PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DAN KEPATUHAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA OPD KOTA YOGYAKARTA

Pertiwi, Christina Putri (2021) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DAN KEPATUHAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PADA OPD KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Christina Putri Pertiwi)
1604227911.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1604227912.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
1604227913.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
1604227914.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)

Abstract

Pemerintah Daerah membuat Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sebagai wujud pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat atas penggunaan keuangan pemerintah. Pengelolaan keuangan pemerintah daerah bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat atas hasil operasi pemerintah dan penggunaan dana publik. Informasi tersebut digunakan untuk pengambilan keputusan dan menentukan kebijakan publik. Dalam Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dijelaskan bahwa laporan keuangan yang berkualitas itu harus memenuhi empat karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan dan dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara sistem pengendalian internal, dan kepatuhan peraturan perundang-undangan sebagai variabel independen terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pemerintah daerah yang bekerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Yogyakarta terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat Daerah, 20 Dinas, Satpol PP, 4 Badan, Kantor Kesatuan Bangsa, dan 14 Kecamatan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 82 sampel. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data primer menggunakan teknik survey yang berupa penyebaran dan pengisian kuesioner. Metode analisis yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa sistem pengendalian internal, dan kepatuhan peraturan perundang-undangan berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Kepatuhan Peraturan Perundang-Undangan, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, OPD Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 24 May 2021 13:52
Last Modified: 24 May 2021 13:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item