ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM TRANSAKSI NON TUNAI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN BANTUL

Lukita, Aprilia Listiyani (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM TRANSAKSI NON TUNAI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aprilia Listiyani Lukita)
16 04 224901.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
16 04 224902.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
16 04 224903.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
16 04 224904.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)

Abstract

Upaya untuk meningkatkan tata kelola yang baik (Good Governance) serta sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul menerapkan sistem transaksi non tunai dan bekerjasama dengan Bank BPD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi sistem transaksi non tunai terhadap pengelolaan keuangan daerah.Kemudian untuk mengetahui implementasi sistem transaksi non tunai dalam mewujudkan prinsip good governance yaitu akuntabilitas, transparansi, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung kepada pihak yang berkompeten di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bantul. Data sekunder digunakan untuk mendukung data primer berupa materi dan arsip data dari Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bantul. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan sistem transaksi non tunai di Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bantul dilakukan bertahap sesuai dengan Peraturan Bupati Kabupaten Bantul. Proses pelaksanaan transaksi non tunai di Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bantul lebih efisien, transparan dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan tata kelola pemerintah. Adanya penerapan transaksi non tunai dapat mengurangi tindak kejahatan. Akan tetapi, terdapat kendala yang dihadapi sumber daya manusia dalam menerapkan sistem transaksi non tunai yaitu merasa kesulitan dalam melakukan pencairan dana dan belum bisa dilakukan untuk retribusi yang nominalnya kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Keuangan Daerah, Transaksi Non Tunai, Good Governance, Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bantul.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 10 Jun 2021 12:30
Last Modified: 10 Jun 2021 12:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24106

Actions (login required)

View Item View Item