PENGARUH BUDAYA EWUH-PAKEWUH TERHADAP INDEPENDENSI AUDITOR DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH

Diniati, Fransiska Laksmi (2021) PENGARUH BUDAYA EWUH-PAKEWUH TERHADAP INDEPENDENSI AUDITOR DI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Fransiska Laksmi Diniati)
16 04 229241.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
16 04 229242.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
16 04 229243.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
16 04 229244.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)

Abstract

Independensi auditor penting guna menjaga kredibilitas auditor dalam melakukan audit. Dalam menjaga independensi auditor IAPI menerbitkan Kode Etik Profesi Akuntan Publik. Meskipun telah diatur, regulator tidak dapat menjamin bahwa auditor benar-benar independen karena pola pikir auditor tidak dapat diobservasi secara langsung. Di Indonesia, khususnya di masyarakat suku Jawa, terdapat budaya yang disebut Ewuh-Pakewuh. Budaya Ewuh-Pakewuh ada untuk menghindari konflik, menjaga kerukunan, dan keharmonisan sosial yang ada di masyarakat. Secara sederhana ewuh-pakewuh dapat diartikan sebagai perasaan sungkan untuk melakukan atau mengungkapkan sesuatu. Perasaan sungkan tersebut memiliki potensi untuk menurunkan tingkat independensi auditor. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner. Responden penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. dan data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis menggunakan represi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya ewuh-pakewuh berpengaruh negatif signifikan terhadap independensi auditor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Independensi auditor, budaya, budaya ewuh-pakewuh
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 10 Jun 2021 13:46
Last Modified: 10 Jun 2021 13:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24121

Actions (login required)

View Item View Item