ANALISIS PENERIMAAN MICROSOFT TEAMS SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

Dompas, Bernadetta Vera Lidya (2021) ANALISIS PENERIMAAN MICROSOFT TEAMS SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bernadetta Vera Lidya Dompas)
1604229571.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1604229572.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
1604229573.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
1604229574.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Sebagai tindak lanjut upaya pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan Perguruan Tinggi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengeluarkan surat Edaran yang berisi tentang pelaksanaan Aktivitas Akademik berbasis daring. Salah satu platform yang digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran daring adalah Microsoft Teams. Penelitian ini bertujuan untuk meganalisa penerimaan penggunaan Microsoft Teams sebagai sarana pembelajaran daring di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Untuk memahami faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan maka penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2003. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh melalui survei yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner elektronik. Pembagian kuisioner ini dilakukan melalui Email Students UAJY kepada mahasiswa aktif UAJY pada Semester Gasal T.A 2020/2021 baik di jenjang Strata 1 maupun Strata 2. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Selain itu, analisis juga dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif guna melihat sebaran dan pola jawaban dari responden. Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner elektronik, peneliti berhasil mendapatkan 909 kuisioner yang valid. Kuisioner tersebut kemudian diolah menggunakan SmartPLS 3. Berdasarkan uji yang dilakukan peneliti, diketahu bahwa variabel utama berupa faktor-faktor penerimaan seperti : Harapan Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial dan Kondii yang Memfasilitasi berpengaruh terhadap Niatan Berperilaku serta Perilaku dalam penggunaan Microsoft Teams sebagai sarana pembelajaran daring bagi mahasiswa UAJY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-learning, penerimaan, UTAUT
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Jun 2021 10:36
Last Modified: 18 Jun 2021 10:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24173

Actions (login required)

View Item View Item