PENGARUH MOTIVASI HEDONIS DAN MOTIVASI UTILITARIAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK COUNTERFEIT (Studi pada pembelian sepatu merek Adidas)

Wahyu, Zeno Zevri (2021) PENGARUH MOTIVASI HEDONIS DAN MOTIVASI UTILITARIAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK COUNTERFEIT (Studi pada pembelian sepatu merek Adidas). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Zeno Zevri Wahyu)
1603229501.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1603229502.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
1603229503.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
1603229504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)

Abstract

Niat pembelian konsumen yang tinggi pada produk atau jasa perusahaan merupakan salah satu indikator yang baik. Pada konsumsi produk atau jasa, nilai utilitarian dan nilai hedonis merupakan beberapa faktor yang memberikan stimuli pada peningkatan niat pembelian konsumen. Untuk dapat meningkatkan nilai utilitarian dan nilai hedonis beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya adalah pengalaman dan pengetahuan tentang produk, tampilan produk dan keinginan mencari variasi, status konsumsi, kerentanan normatif dan kerentanan informasi. Penelitian mengambil sampel 200 orang yang pernah membeli dan menggunakan sepatu palsu merek Adidas. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Pengukuran data menggunakan skala Likert dan mentode analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling. Temuan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pengalaman masa lalu, pengetahuan tentang produk, status konsumsi, kerentanan normatif dan kerentanan informasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap utilitarian. 2) Tampilan produk, keinginan mencari variasi, status konsumsi, kerentanan normatif dan kerentanan informasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap hedonis. 3) Sikap utilitarian dan sikap hedonis memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengalaman masa lalu, pengetahuan tentang produk, tampilan produk, keinginan mencari variasi, status konsumsi, kerentanan normatif, kerentanan informasi, utilitarian, hedonis, dan niat
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 22 Jul 2021 23:20
Last Modified: 22 Jul 2021 23:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24378

Actions (login required)

View Item View Item