ANALISIS PENERIMAAN MOBILE PAYMENT OVO TERHADAP PENGGUNA DENGAN PENERAPAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2 (TAM 2) (STUDI KASUS : MAHASISWA ATMA JAYA YOGYAKARTA)

Halili, Giacinta Marescotti Dea Rivanni Tanzil (2021) ANALISIS PENERIMAAN MOBILE PAYMENT OVO TERHADAP PENGGUNA DENGAN PENERAPAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2 (TAM 2) (STUDI KASUS : MAHASISWA ATMA JAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Giacinta Marescotti Dea Rivanni Tanzil Halili)
1617090431.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1617090432.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
1617090433.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
1617090434.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pengguna dalam penerimaan dan penggunaan teknologi mobile payment pembayaran OVO dengan memadukan teori Technology Acceptance Model 2 (TAM 2), mobile payment system characteristics, dan trust. Perkembangan metode pembayaran secara mobile semakin meningkat semenjak memasuki era industry 4.0, yang juga dipengaruhi oleh faktor trust dan mobile payment system characteristics. Penelitian ini merupakan penelitian deduktif. Sampel yang penulis gunakan pada penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang menggunakan OVO payment sebagai alat pembayaran. Data responden dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode Snowball Sampling dengan jumlah responden sebanyak 263 responden. Data responden diperoleh melalui kuesioner online. Pada penelitian ini, penulis menggunakan software AMOS 22.0 sebagai alat analisis data. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa faktor yang mempengaruhi mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta sehingga mau menerima dan menggunakan teknologi mobile payment OVO ialah faktor kepercayaan (trust), kegunaan penggunaan teknologi informasi yang dirasakan (perceived usefulness), dan minat dari pengguna (intention to use). Dan pada penelitian ini tidak didapati bahwa mobile payment system characteristics dan kemudahan penggunaan teknologi informasi yang dirasakan (perceived ease of use) dapat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan teknologi mobile payment OVO.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: OVO, Technology Acceptance Model 2, Mobile Payment System Characteristics, Trust, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Intention to Use, Structural Equation Modeling.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 23 Jul 2021 20:04
Last Modified: 23 Jul 2021 22:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24385

Actions (login required)

View Item View Item