PENGARUH TERPAAN TRANSIT ADVERTISING TEMPAT WISATA TERHADAP TINGKAT EKUITAS MEREK (Studi Eksplanatif Tentang Pengaruh Tingkat Terpaan Transit Advertising Tempat Wisata Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta terhadap Tingkat Ekuitas Merek Kebun Binatang Gembira Loka)

Noven, Brigitha Loogmaniar (2012) PENGARUH TERPAAN TRANSIT ADVERTISING TEMPAT WISATA TERHADAP TINGKAT EKUITAS MEREK (Studi Eksplanatif Tentang Pengaruh Tingkat Terpaan Transit Advertising Tempat Wisata Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta terhadap Tingkat Ekuitas Merek Kebun Binatang Gembira Loka). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03264.pdf

Download (1597Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03264.pdf

Download (2275Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03264.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03264.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2438Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03264.pdf

Download (4091Kb)

Abstract

Dunia Periklanan di Indonesia saat ini berkembang pesat. Beraneka ragam produk terlihat sangat mengandalkan berbagai jenis iklan. Salah satu iklan yang efektif adalah transit advertising yang merupakan iklan luar ruang. Gembira Loka menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang menggunakan transit advertising pada taxi Jas untuk media beriklan. Branding pada taxi Jas tersebut digunakan untuk kepentingan nama merek yang sebelumnya sempat meredup, dan diharapkan terpaan dari transit advertising Gembira Loka mampu membentuk ekuitas merek. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh tingkat terpaan transit advertising Gembira Loka terhadap tingkat ekuitas merek. Manfaat penelitian ini dalam bidang akademis yaitu memberikan sumbangan ilmiah dan wacana penelitian dalam ilmu komunikasi, mengenai transit advertising, ekuitas merek, manfaat praktis yaitu memberikan pertimbangan pada pihak produsen dan pengiklan supaya dapat semakin meningkatkan aspek fasilitas dan komunikasi pemasaran. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S–R (Stimulus Response), dimana dalam penelitian ini stimulus berasal dari transit advertising yang akan membentuk sebuah respon seperti indikator dalam variabel – variabel penelitian ini yaitu sebuah pengetahuan dan juga ekuitas merek teori David Aaker (Brand Equity:Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, dan Brand Loyalty.) Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, tipe penelitian eksplanatif. Objek penelitian ini peNgunjung Gembira Loka. Penelitian menggunakan metode survei. Populasi yaitu pengunjung Gembira Loka, dan sample pengunjung Gembira Loka dengan kriteria yang tinggal di Yogyakrta dan sudah pernah melihat transit advertising. Alat pengumpulan data dengan kuesioner, data sekunder dari study pustaka. Dilakukan uji Validitas (Product Moment, Koefisien Skalabilitas) dan uji Reliabilitas (Alpha Cronbach, Koefisien Reprodusibilitas). Analisis data menggunakan distribusi frekuensi, tabulasi silang, dan regresi linear sederhana. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh tingkat terpaan transit advertising terhadap tingkat ekuitas mereksecara signifikan jika diantarai oleh tingkat pengetahuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, pengetahuan Produk, transit advertising, ekuitas merek.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:18
Last Modified: 01 May 2013 10:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item