Ilham, M. Agit Fadhila Nur (2021) PENERAPAN METODE AHP-SWOT UNTUK PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DI PT. ELROZ PERSADA ENERGITAMA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
|
Text (M. Agit Fadhila Nur Ilham)
15 06 084291.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
15 06 084292.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
||
Text
15 06 084293.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
||
Text
15 06 084294.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text
15 06 084295.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
Abstract
Water Treatment Plant adalah salah satu produk yang ditawarkan PT. EPE untuk mengolah air yang tercemar dapat distandardisasi sesuai dengan standar kualitas air yang diperlukan. Proses pengadaan water treatment plant diawali dengan penerimaan order dari customer, jika order sudah diterima maka perusahaan menindaklanjuti dengan memenuhi permintaan tersebut. Namun PT. EPE sering mendapatkan komplain dari customer mengenai proses yang terlalu lama dalam pengadaan mesin dan part. PT. EPE perlu menyelesaikan masalah ini agar menurunkan risiko customer membatalkan pesanan yaitu dengan menyusun strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi perusahaan untuk menemukan langkah-langkah supaya memenuhi keinginan customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu tentang lamanya waktu dalam pengadaan barang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan melalui kuesioner penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis SWOT dan analisis AHP. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan lamanya waktu dalam pengadaan barang di PT. EPE, yaitu disebabkan oleh faktor bahan baku yang tidak ada, transportasi pengangkutan barang melalui jalur laut, peraturan pemerintah serta kebijakan bea cukai, dan pemesanan barang yang berasal dari luar negeri yaitu Amerika Serikat; (2) Dampak yang diterima adalah lamanya waktu dalam pengadaan barang di PT. EPE guna melayani permintaan konsumen; (3) Strategi bisnis yang dilakukan perusahaan adalah dengan memprioritaskan pada faktor-faktor kekuatan (Strength) yang dimiliki oleh perusahaan dan memanfaatkan faktor-faktor peluang (Opportunity) yang dipunyai oleh perusahaan; dan (4) Beberapa strategi yang dilakukan perusahaan guna memenangkan persaingan adalah melakukan penjadwalan pengadaan bahan baku, melakukan pemesanan lebih cepat dari jadwal yang seharusnya melakukan pemesanan, melakukan alternatif pengiriman barang misalnya dengan pesawat, melakukan kerjasama dengan DHL atau Fedex dalam pengiriman barang dan mencari alternatif Negara lain yang lebih cepat dalam penyediaan dan pengiriman barang yang diperlukan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Water Treatment Plant, SWOT, AHP |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 21:52 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 21:52 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24413 |
Actions (login required)
View Item |