PENURUNAN CACAT FLOW MARK PADA REDESIGN MOLD INJECTION MOLDING

Reynaldo, Samuel Ricko (2021) PENURUNAN CACAT FLOW MARK PADA REDESIGN MOLD INJECTION MOLDING. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Samuel Ricko Reynaldo)
16 06 089861.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
16 06 089862.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
16 06 089863.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
16 06 089864.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16 06 089865.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)

Abstract

Industri plastik di Indonesia saat ini masih belum menerapkan teknologi computer aided engineering (CAE) untuk mengevaluasi desain dan konstruksi mold base pada mesin injeksi. Hal ini terbukti dengan masih besarnya cacat produk pada pengunci clamp saddle di Widya Jaya Teknika. Perancangan mold base di Widya Jaya Teknika masih menerapkan konsep manufaktur konvensional, demikian juga saat menentukan parameter mesin injeksi. Pengalaman yang dimiliki mold engineer dan injection engineer berperan besar dalam hasil kualitas injeksi. Produk yang memiliki desain lebih rumit akan lebih sulit menghasilkan produk injeksi yang baik. Saat proses produksi produk clamp saddle, masih muncul banyak cacat produk berupa flow mark. Kemungkinan solusi yang akan diambil adalah uji simulasi untuk menemukan parameter dan desain yang optimum. Solusi yang diambil dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan konsep manufaktur plastik modern dengan CAE sebagai penentu parameter injeksi serta evaluasi desain mold base. Konsep yang digunakan ini mampu menganalisis kemungkinan terjadinya kesalahan parameter yang digunakan saat injeksi produk clamp saddle, serta mengevaluasi desain mold base. Produk clamp saddle dianalisis menggunakan software CAE Solidwork Plastic 2018. Hasil analisis dari simulasi yang dilakukan adalah parameter suhu injeksi yang terlalu rendah pada desain lama dan munculnya cacat produk shrinkage pada desain baru sehingga dilakukan pemindahan lokasi gate sesuai saran yang diberikan oleh Solidwork Plastic 2018. Hasil analisis menunjukan munculnya cacat flowmark dikarenakan oleh suhu material yang rendah dan potensi munculnya sink mark dari desain baru dikarenakan posisi gate yang tidak ditengah menyebabkan tekanan injeksi tidak merata, selain itu tingkat munculnya cacat produk dapat dikurangi dari sekitar 3040% menjadi kurang dari 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Solidworks Plastics 2018, Acrylonitrile Butadiene Styrene, Flow Mark, Sink Mark, Simulasi Injeksi.
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 02 Aug 2021 22:42
Last Modified: 02 Aug 2021 22:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24419

Actions (login required)

View Item View Item