SISTEM PENJADWALAN MATA KULIAH DI PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UAJY MENGGUNAKAN MODIFIED HYBRID GENETIC ALGORITHM (MHGA)

Latumahina, Bill Samuel (2021) SISTEM PENJADWALAN MATA KULIAH DI PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI UAJY MENGGUNAKAN MODIFIED HYBRID GENETIC ALGORITHM (MHGA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Bill Samuel Latumahina)
1706091301.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1706091302.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
1706091303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
1706091304.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
1706091305.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
1706091306.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1706091307.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

University Course Timetabling Problem (UCTP) adalah salah satu dari permasalahan penjadwalan yang terdapat pada institusi perguruan tinggi. Setiap institusi memiliki batasan-batasan (constraints) yang unik dan menjadikan UCTP sebagai salah satu permasalahan penjadwalan yang rumit. Batasan tersebut dibagi atas dua kategori yaitu hard constraint dan soft constraint. Pada Program Studi Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), penjadwalan mata kuliah dilakukan secara mandiri sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk memenuhi semua batasan yang ada pada sistem. UCTP dapat diselesaikan dengan berbagai pendekatan. Seiring dengan bertambahnya penelitian terhadap kasus ini, pendekatan yang pada mulanya berbentuk linear programming mulai berkembang menjadi bentuk heuristik seperti Graph Coloring, hingga pendekatan metaheuristik seperti Ant Colony Optimization (ACO). Pemilihan pendekatan tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan sistem yang ada sehingga pemodelan masalah dapat dilakukan secara akurat. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan hybrid untuk menyelesaikan UCTP pada Program Studi Teknik Industri UAJY. Algoritma yang diusung adalah Modified Hybrid Genetic Algorithm (MHGA) yang terdiri dari dua fase: konstruksi dan optimasi. Fase konstruksi menggunakan algoritma heuristik Least Color Degree (LCD) yang selanjutnya akan digunakan ke dalam Algoritma Genetika pada fase optimasi. Selain pemenuhan constraints, fungsi objektif yang hendak dicapai adalah maksimasi utilitas ruangan. Hasil simulasi menunjukkan parameter terbaik untuk melaksanakan MHGA berkaitan erat dengan dataset yang digunakan. Algoritma yang diusung terbukti mampu menghasilkan jadwal yang tidak melanggar seluruh constraint dengan nilai fungsi objektif yang terbaik pada generasinya. Sistem penjadwalan yang dibangun telah divalidasi dan diakui mampu membantu proses penjadwalan mata kuliah pada Program Studi Teknik Industri UAJY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: University Course Timetabling Problem (UCTP), optimasi, penjadwalan, algoritma hybrid.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:42
Last Modified: 05 Aug 2021 23:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24439

Actions (login required)

View Item View Item