SIMBOL DAN ORNAMEN-SIMBOLIS PADA ARSITEKTUR GEREJA KATOLIK REGINA CAELI DI PERUMAHAN PANTAI INDAH KAPUK-JAKARTA

Lake, Reginaldo Christophori and Purbadi, Y. Djarot and Rayawulan, Robertus M. and Daton, Richardus and Lalu, Efraim Desprinto (2019) SIMBOL DAN ORNAMEN-SIMBOLIS PADA ARSITEKTUR GEREJA KATOLIK REGINA CAELI DI PERUMAHAN PANTAI INDAH KAPUK-JAKARTA. Jurnal IDEALOG : Ide dan Dialog Indonesia, 4 (1). pp. 23-39. ISSN 2477 – 0566

[img]
Preview
Text (Reginaldo Christophori Lake 1 , Yohanes Djarot Purbadi², Robertus M. Rayawulan, Richardus Daton, Efraim Desprinto Lalu)
5. Artikel Jurnal Ilmiah_2019-Sim....pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

Bangunan Gereja Katolik selalu menampilkan simbol dan ornamen-simbolis sebagai ungkapan iman dan suasana relijius (sakral). Simbol-simbol berupa obyek dua dimensi dan tiga dimensi ditata dan memperindah gereja sekaligus bermakna relijius. Simbol dan ornamen-simbolis diletakkan di dalam gereja (interior) dan di luar gereja (eksterior), berfungsi mendukung suasana gereja secara visual dan membantu penghayatan iman secara estetis, psikologis dan relijius. Gereja Katolik Regina Caeli di Pantai Indah Kapuk Jakarta adalah gereja katolik yang berciri arsitektur modern dan dilengkapi simbol dan ornamen-simbolis pada interior dan eksterior gereja. Tulisan ini mendeskripsikan keberadaan simbol dan ornamen-simbolis pada gereja dikaitkan dengan ketaatan pada prinsip-prinsip arsitektur modern yang mendasari rancangan gereja. Permasalahan penelitian adalah bagaimana keberadaan simbol dan ornamen simbolis dalam Gereja Katolik Regina Caeli yang berarsitektur modern-minimalis? Kajian dilakukan dengan menganalisis data sekunder (foto dan teks) dan studi pustaka, selanjutnya dikomparasikan dengan pedoman dasar arsitektur gereja katolik dan prinsip-prinsip arsitektur modern. Hasilnya, arsitektur Gereja Katolik Regina Caeli merupakan arsitektur modern dengan ekspresi modern-minimalis. Keberadaan simbol salib menandai keberadaan gereja katolik secara visual, ornamen-simbolis interior menguatkan keunikan sebagai ruang sakral (relijius). Gereja Katolik Regina Caeli berlanggam arsitektur modern dan memberi tempat bagi kehadiran simbol dan ornamen-simbolis; terjadi percampuran antara arsitektur modern dengan simbolisme gereja sebagai bangunan ibadah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: simbol, ornamen-simbolis, arsitektur gereja katolik, fungsi, makna
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Aug 2021 09:46
Last Modified: 18 Aug 2021 09:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24499

Actions (login required)

View Item View Item