MODEL PENGUKURAN KONDISI AWAL SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERKELANJUTAN, STUDI KASUS: KAWASAN WISATA PANTAI BARU, KABUPATEN BANTUL

Purbadi, Y. Djarot (2016) MODEL PENGUKURAN KONDISI AWAL SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERKELANJUTAN, STUDI KASUS: KAWASAN WISATA PANTAI BARU, KABUPATEN BANTUL. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SENDIMAS) 2016, 20 Oktober 2016, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Y.Djarot Purbadi)
2016-Makalah-SENDIMAS-Pengukuran-awal.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat pada hakekatnya adalah implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi pada situasi nyata dalam kehidupan masyarakat. Umumnya kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh perguruan tinggi sampai saat ini umumnya bersifat jangka pendek. Idealnya, kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah bersifat jangka panjang agar manfaat dan dampaknya signifikan dan dapat diukur dengan pendekatan yang rasional. Kegiatan pengabdian pada masyarakat sebaiknya diawali dengan pengukuran kondisi awal sebagai titik awal suatu perubahan jangka panjang dari skenario perubahan jangka panjang. Tulisan ini menampilkan model pengukuran kondisi awal suatu kawasan dengan pendekatan rasional berdasarkan aspek MSPD (Marketability, Sustainability, Participatory, Disaster Mitigation) sebagai dasar bagi pengembangan suatu kawasan dalam skenario perubahan jangka panjang. Model MSPD diterapkan pada kasus kawasan wisata Pantai Baru di pesisir Kabupaten Bantul. Tulisan ini menampilkan, penilaian kondisi awal menggunakan kriteria MSPD dapat menjadi dasar untuk penyusunan program pengembangan kawasan sesuai kebutuhan dalam lima tahun pada kawasan wisata Pantai Baru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kondisi Awal, Pantai Baru, Pengabdian Masyarakat Berkelanjutan.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Aug 2021 12:46
Last Modified: 18 Aug 2021 12:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24511

Actions (login required)

View Item View Item