MENGGAGAS SEKOLAH SUNGAI KARANGWARU RIVERSIDE Sekolah Sungai Berbasis Komunitas

Purbadi, Y. Djarot (2017) MENGGAGAS SEKOLAH SUNGAI KARANGWARU RIVERSIDE Sekolah Sungai Berbasis Komunitas. In: Seminar Nasional SCAN#8 2017, 19 Oktober 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Y. Djarot Purbadi)
2017-NOP-SCAN#8 2017-Djarotp-oke.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekolah Sungai (SS) merupakan upaya pengembangan masyarakat dan perawatan sungai sebagai habitat kehidupan. Sekolah Sungai berpotensi menjadi pendidikan lingkungan untuk menjaga keberlanjutan kehidupan manusia dan memecahkan problema krisis air, krisis pangan, krisis energi dan krisis kebudayaan. Karangwaru Riverside adalah kawasan kampung yang dibelah sungai Buntung. Sejak tahun 2011 telah dikembangkan menjadi “Kampung Nyaman Huni” dan terkenal karena berhasil melakukan pemberdayaan dan partisipasi masyarakat untuk membangun kampung. Sekolah Sungai layak dikembangkan di Karangwaru Riverside sebagai salah satu kunci pelestarian sungai dan kampung secara berkelanjutan. Tulisan ini memaparkan gagasan Sekolah Sungai di Karangwaru Riverside yang berbasis komunitas dan potensi lokal. Metode penulisan dikerjakan melalui proses wawancara, diskusi dan observasi lapangan. Hasilnya, Sekolah Sungai di Karangwaru Riverside layak dikembangkan atas dasar keunikan lokal dan berbasis komunitas, khususnya kelompok anak-anak dan remaja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Sungai, Karangwaru Riverside, Partisipasi Komunitas, kelompok anakanak, pendidikan lingkungan.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Aug 2021 13:02
Last Modified: 18 Aug 2021 13:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24513

Actions (login required)

View Item View Item