ARSITEKTUR PERMUKIMAN VERNAKULAR DALAM PERSPEKTIF PERJUMPAAN BUDAYA: KEARIFAN KAENBAUN DAN TATA SPASIAL PERMUKIMAN SUKU DAWAN DI DESA KAENBAUN.

Purbadi, Y. Djarot (2018) ARSITEKTUR PERMUKIMAN VERNAKULAR DALAM PERSPEKTIF PERJUMPAAN BUDAYA: KEARIFAN KAENBAUN DAN TATA SPASIAL PERMUKIMAN SUKU DAWAN DI DESA KAENBAUN. In: Seminar Nasional SCAN#9 2018, 19 Oktober 2018, Unwira Kupang, NTT.

[img]
Preview
Text (Y. Djarot Purbadi)
2018-OKTOBER-Makalah-scan-Kupang.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Desa Kaenbaun adalah desa vernakular, ditata berdasarkan sumberdaya lokal (fisik-alami, teknologi, ekonomi, sosial dan budaya), bahkan arwah nenek-moyang dilibatkan dalam penataan permukiman dan proses kehidupan desa. Budaya Kaenbaun adalah percampuran budaya Dawan dengan iman dan ajaran gereja Katolik dan membentuk kearifan Kaenbaun, yang mendasari perilaku warga dan tata spasial permukiman Kaenbaun. Observasi lapangan dengan tuntunan paradigma fenomenologi Husserlian mendasari proses penelitian. Pengolahan data berdasarkan pembacaan catatan lapangan hasil penelitian tahun 2004 sd 2010, ditambahi informasi aktual. Hasilnya, kearifan lokal Kaenbaun (kearifan Kaenbaun) muncul dari budaya Dawan yang bercampur dengan iman dan ajaran Katolik, menjadi pedoman perilaku dan tatanan keruangan permukiman desa Kaenbaun. Kearifan Kaenbaun adalah konsep hidup ideal orang Kaenbaun: manusia hidup dalam kerukunan dengan sesama saudara, harmoni dengan alam, direstui nenek-moyang dan diberkahi Sang Pencipta Alam. Penelitian berbasis pendekatan perjumpaan budaya berpotensi penting bagi penelitian permukiman tradisional di Indonesia dan mendukung pelestarian arsitektur nusantara berbasis budaya lokal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Percampuran Budaya, Kearifan Kaenbaun, Tata Spasial Permukiman, Pelestarian Budaya
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Aug 2021 13:19
Last Modified: 18 Aug 2021 13:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24514

Actions (login required)

View Item View Item