Pembuatan Materi Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Masyarakat Desa Munggur Wetan, Sidorejo, Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta

Wibisono, Yohanes Priadi and Primasari, Clara Hetty (2020) Pembuatan Materi Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Masyarakat Desa Munggur Wetan, Sidorejo, Ponjong, Gunung Kidul, Yogyakarta. In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS 2020), 17 September 2020, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yohanes Priadi Wibisono dan Clara Hetty Primasari)
sendimas YP CHP Materi Penyuluhan Perilaku.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesehatan menjadi poin utama dan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan ialah perilaku dan lingkungan. Perilaku atau gaya hidup yang baik dan positif dapat mencerminkan kualitas hidup yang sehat. Sedangkan lingkungan yang terlihat bersih menandakan perilaku masyarakat yang menerapkan gaya hidup sehat. Namun sayangnya, berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes RI), ada 82% keluarga di Indonesia hidup tidak sehat. Hal ini karena sebuah keluarga tidak memenuhi standar 12 kategori sehat yang dianjurkan Kemenkes RI. Maka dari itu, dilaksanakanlah kegiatan pengabdian masyarakat untuk mendukung program kerja pembuatan materi penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat, untuk mengedukasi masyarakat Indonesia melakukan perubahan perilaku ke gaya hidup yang sehat, sehingga dalam menjalankan aktivitas menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahapan, dimulai dari tahapan pertama dengan penentuan lokasi dan tema pengabdian masyarakat, menyiapkan rencana kerja, dan mempersiapkan bahan materi penyuluhan. Hasil dari tahap pertama ini adalah dokumen rencana, jadwal, dan pembagian tugas serta draft materi penyuluhan. Tahapan kedua dengan pembuatan modul penyuluhan, power point penyuluhan, dan video penyuluhan Tahap ketiga meliputi penyusunan laporan akhir dan pembuatan artikel untuk publikasi. Melalui materi penyuluhan ini, diberikanlah sosialisasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia, sehingga dapat menerapkan perilaku atau gaya hidup sehat dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: perilaku hidup bersih dan sehat, 12 kategori hidup sehat, hakikat perilaku hidup sehat
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 21 Aug 2021 07:13
Last Modified: 21 Aug 2021 07:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24537

Actions (login required)

View Item View Item