Social Media Marketing Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Pemasaran Komunitas UMKM Paroki St. Antonius Kotabaru Yogyakarta

Primasari, Clara Hetty and Wibisono, Yohanes Priadi and Pandanwangi, Thomas Quincy (2020) Social Media Marketing Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Pemasaran Komunitas UMKM Paroki St. Antonius Kotabaru Yogyakarta. IKRA-ITH ABDIMAS, 3 (3). pp. 97-101. ISSN 2654-7546 (Online)

[img]
Preview
Text (Clara Hetty Primasari , Yohanes Priadi Wibisono dan Thomas Quincy Padawangi)
IKRA CHP YP Social Media Marketing sebagai sarana.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemasaran dengan media sosial menawarkan sejumlah manfaat, seperti efisiensi, kenyamanan, informasi yang lebih kaya, pilihan produk yang lebih luas, harga kompetitif, pengurangan biaya, dan keragaman produk. Selain itu, konsumen dapat berkomunikasi lebih proaktif dengan penjual terkait dengan produk yang mereka minati. Meskipun mudah diakses, belum semua pelaku usaha sadar dan memanfaatkan potensi besar pemasaran dengan media sosial. Hal ini dipengaruhi salah satunya oleh generasi pengakses media sosial. Saat ini, terdapat 74 anggota Komunitas UMKM Paroki St. Antonius Kotabaru. Dari 74 pelaku UMKM yang ada saat ini, mayoritas didominasi oleh masyarakat pada generasi baby boomer dan X. Berdasarkan diskusi yang telah dilaksanakan pada Acara Temu Kenal UMKM Kotabaru dan Bazaar UMKM Kotabaru, diperoleh fakta bahwa masih sedikit pelaku UMKM yang menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran. Berangkat dari kepedulian pada permasalahan pemasaran ini, Tim Pengabdian UAJY bermaksud untuk melanjutkan kegiatan pengabdian sebelumnya yaitu Pembuatan Katalog Fisik dan Digital, dengan menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat untuk memperkenalkan, mensosialisasikan, melatih, dan mengawali pemasaran secara online dengan media sosial kepada Komunitas UMKM Paroki St. Antonius Kotabaru Yogyakarta. Dengan adanya pemasaran melalui media sosial, diharapkan kualitas pemasaran dari pelaku UMKM dapat meningkat, baik secara ragam dan kualitas iklan yang ditampilkan maupun secara jangkauan. Dengan meningkatnya kualitas pemasaran, diharapkan pula dapat meningkatkan omset UMKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media sosial; marketing; social media marketing; iklan; promosi; online
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:18
Last Modified: 23 Aug 2021 07:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24540

Actions (login required)

View Item View Item