Pembuatan Media Interaktif Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat Mengenai Protokol Kesehatan COVID-19 Untuk Desa Campursari Wonosobo

Mahanani, P and Tauran, S and Wijaya, L. W and Chanesha, F and Wibowo, V C D and Primasari, Clara Hetty (2021) Pembuatan Media Interaktif Sebagai Sarana Edukasi Masyarakat Mengenai Protokol Kesehatan COVID-19 Untuk Desa Campursari Wonosobo. In: Konferensi Nasional Teknologi Informasi (KONSTELASI) 2021.

[img]
Preview
Text (P Mahanani , S Tauran , L W Wijaya , F Chanesha, V C D Wibowo , C H Primasari)
KONSTELASI CHP Pembuatan Media Interaktif.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Peningkatan pasien penderita coronavirus disease 2019 (COVID-19) di dunia terus mengalami peningkatan setiap harinya, tidak terkecuali Indonesia. Data statistik worldometers menunjukkan peningkatan jumlah penderita COVID-19 meningkat dari hari ke hari sehingga menjadi sekitar 60,000,000 kasus sampai akhir November 2020, sedangkan pada Indonesia sendiri telah mencapai 522,581 pada 27 November 2020. Di tengah maraknya kasus COVID-19 ini, ternyata tidak banyak masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah untuk menurunkan tingkat kasus COVID-19 di Indonesia. Minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan menjalankan social-distancing inilah yang menjadikan konsep pengabdian masyarakat ini disusun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditargetkan pada sebuah desa yang ada di Wonosobo, yakni Desa Campursari RT 02 RW 08 Jaraksari, Wonosobo, Jawa Tengah. Pengabdian ini dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan. Oleh karena itu, kami membuat aplikasi mengenai protokol kesehatan COVID-19 yang berisikan berbagai hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan selama pandemi berlangsung. Tujuan dari pembuatan aplikasi media interaktif ini adalah memberikan edukasi serta informasi agar dapat selalu waspada akan wabah COVID-19 yang sedang melanda. Dengan pembangunan aplikasi interafktif ini dapat memberikan informasi seputar COVID-19 kepada masyarakat akan pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sehingga dapat memperlambat bertambahnya angka kasus COVID-19 di Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, media interaktif protokol kesehatan COVID-19, kebersihan, kasus COVID-19.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:53
Last Modified: 23 Aug 2021 07:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item View Item