PENGARUH DAYA TARIK IKLAN GO-PAY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @GOPAYINDONESIA

Lestari, Ayu Dita (2020) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN GO-PAY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @GOPAYINDONESIA. ENGARUH DAYA TARIK IKLAN GO-PAY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @GOPAYINDONESIA (14 p.). pp. 1-14.

[img]
Preview
Text (JURNAL KOMUNIKASI)
JURNAL.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Hadirnya teknologi yang semakin canggih hingga pada tahun 2019 ini memberikan berbagai kemudahan, tidak hanya bagi para konsumen untuk mendapatkan berbagai keperluan dengan menggunakan teknologi. Perusahaan juga diuntungkan dengan hadirnya teknologi yang semakin canggih untuk mengembangkan bisnisnya, salah satunya yaitu untuk melakukan promosi terkait dengan produk barang maupun jasa yang mereka hadirkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Adapun teknologi yang hingga pada tahun 2019 masih efektif digunakan oleh perusahaan untuk melakukan promosi atau beriklan adalah media sosial. Di dalam melakukan promosi barang maupun jasa, daya tarik iklan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat beli dari konsumen. Daya tarik iklan ini sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu daya tarik informatif atau rasional dan daya tarik emosional. Daya tarik informatif mengacu pada adanya aspek-aspek kenyataan yang rasional atau masuk akal, menjelaskan tentang manfaat, mutu, serta kegunaan dari produk barang maupun jasa. Sedangkan untuk daya tarik emosional lebih menekankan pada aspek perasaan dan mengedepankan nilai prestise. Go-Pay Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang menampilkan iklan dengan menggunakan daya tarik informatif dan daya tarik emosional melalui media sosial instagram untuk meningkatkan minat beli dari para pengikut akun instagram-nya yang diberi nama @gopayindonesia. Penelitian ini telah dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang responden dari total pengikut akun instagram @gopayindonesia. Penyebaran kuesioner ini dilakukan via online dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan pertimbangan berupa orang yang mengikuti dan mengamati iklan-iklan yang ada di akun instagram milik Go-Pay yaitu @gopayindonesia. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini menyatakan bahwa terdapat Pengaruh daya tarik iklan Go-Pay melalui media sosial instagram terhadap minat beli konsumen. Besarnya pengaruh dari daya tarik iklan yang diberikan yaitu sebesar 45,1%, di mana hal tersebut termasuk cukup tinggi untuk meningkatkan minat beli konsumen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Iklan, Instagram, Minat Beli.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Aug 2021 11:35
Last Modified: 31 Aug 2021 11:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24597

Actions (login required)

View Item View Item