Analisis Pengaruh Social Features, Manipulation and control Features, dan Narrative and identity Features terhadap Perilaku Adiksi Video Game

Tuhumena, Jonathan Jordan (2021) Analisis Pengaruh Social Features, Manipulation and control Features, dan Narrative and identity Features terhadap Perilaku Adiksi Video Game. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jonathan Jordan Tuhumena)
171709554_bab0.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171709554_bab1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
171709554_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
171709554_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
171709554_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img]
Preview
Text
171709554_bab5.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dalam dunia game bergerak sangat cepat, para developer game pun berlomba-lomba untuk menciptakan game yang mana dapat mengikat pemain game tersebut untuk terus memainkan game, dan dengan begitu memunculkan indikasi terjadi perilaku adiksi game. Terdapat penelitian terdahulu yang mengemukakan bahwa terdapat karakteristik struktural video game yang mengacu pada fitur-fitur dalam game yang memiliki indikasi sebagai pemicu munculnya perilaku adiksi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meilhat pengaruh karakteristik struktural video game yang melekat pada fitur-fitur game memiliki pengaruh terhadap perilaku adiksi game, fitur-fitur yang akan dibahas dalam penelitian adalah Social Features, Manipulation and Control Features dan Narrative and Idenity Features. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner yang berisi 20 pertanyaan, yang terdiri dari 11 pertanyaan unutk mengukur karakteristik struktural video game dan 9 pertanyaan yang mengukur perilaku adiksi (Internet Gaming Disorder Scale Short Form/IGDS9-SF) yang mana telah diadaptasi. Temuan dari penelitian ini adalah Social Features, Manipulation and Control Features dan Narrative and Idenity Features masing-masing tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku adiksi game.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Features, Manipulation and Control Features dan Narrative and Idenity Features, adiksi video game, IGDS9-SF.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 08 Sep 2021 13:33
Last Modified: 08 Sep 2021 13:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24671

Actions (login required)

View Item View Item