ANALISA TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1 (Penelitian Pada Rumah Sakit Panti Rapih) Tahun 2019

Widyatama, Reinhard (2020) ANALISA TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1 (Penelitian Pada Rumah Sakit Panti Rapih) Tahun 2019. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (judul dan abstrak)
EA 021821.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA 121821.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA 221821.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA 321821.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
EA 421821.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA 521821.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Investasi terhadap TI dilakukan oleh organisasi agar memperoleh timbal balik yang diharapkan oleh organisasi. Keberhasilan dari investasi TI bergantung pada bagaimana organisasi telah mengelola teknologi informasinya. Rumah sakit menggunakan bantuan teknologi informasi untuk mendukung layanannya, maka perlu adanya jaminan bahwa teknologi informasi yang digunakan telah terselaraskan dan terkelola sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengevaluasi tata kelola yang telah dilakukan di Rumah Sakit Panti Rapih untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola TI dan memberikan rekomendasi agar pengelolaan dapat mencapai pada tingkat yang diharapkan. Penelitian menggunakan kerangka kerja dari COBIT 4.1 di mana digunakan 15 proses TI dari 34 proses TI yang mencakup domain PO, AI, DS, dan ME. Identifikasi proses TI dan perolehan tingkat kematangan yang diharapkan dilakukan melalui kuesioner management awareness. Kemudian perolehan tingkat kematangan saat ini melalui kuesioner maturity model dari COBIT 4.1 Hasil Penelitian secara keseluruhan tingkat kematangan tata kelola TI dalam Rumah Sakit Panti Rapih sebesar 3 di mana termasuk pada kategori defined process (3). Sedangkan tingkat kematangan yang diharapkan sebesar 4 sehingga terdapat kesenjagan sebesar 1. Oleh karena itu untuk mencapai pada tingkat yang diharapkan Rumah Sakit Panti Rapih perlu mendefinisikan proses�proses TI secara lebih jelas dan lengkap. Kemudian pengukuran kinerja perlu dilakukan lebih baik untuk mengetahui kontribusi dari TI. Serta evaluasi terhadap kinerja TI perlu dilakukan untuk pengembangan TI yang berkelanjutan .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IT Governance, COBIT Framework 4.1, Maturity Level.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2021 09:07
Last Modified: 10 Sep 2021 09:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24676

Actions (login required)

View Item View Item