PENGARUH PENURUNAN TARIF PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA

Lhaga, Charlesteng Wiriya (2020) PENGARUH PENURUNAN TARIF PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA. PENGARUH PENURUNAN TARIF PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA (14 p.). pp. 1-14.

[img]
Preview
Text (jurnal akuntansi)
jurnal.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh penurunan tarif pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan tarif pajak UMKM PP 23 tahun 2018 dan kesadaran wajib pajak sebagai variabel independen dan kepatuhan wajib pajak sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuisioner yang disebar di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Sampel penelitian menggunakan metode purposive-sampling, responden yang didapat dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Sebelum melakukan uji hipotesis, penelitian ini melakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas, serta melakukan uji hipotesis alternatif menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) penurunan tarif pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, (2) kesadaran wajib pajak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penurunan tarif pajak, kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Sep 2021 10:00
Last Modified: 10 Sep 2021 10:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24678

Actions (login required)

View Item View Item