ButarButar, Philip Abraham (2021) PEMBANGUNAN SISTEM UNTUK MENGOPTIMALISASI DURASI NYALA LAMPU LALU LINTAS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Philip Abraham ButarButar)
150708280_bab0.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
150708280_bab1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
150708280_bab2.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
150708280_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text
150708280_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
||
Text
150708280_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
150708280_bab6.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Salah satu penyebab kemacetan adalah dari lampu lalu lintas yang tidak efisien. Waktu dari lampu lalu lintas yang statis menyebabkan antrian kendaraan tidak stabil di setiap persimpangan. Akibat dari kemacetan pun memiliki dampak negatif bagi pengguna jalan, dari kerugian waktu, polusi udara yang menumpuk, hingga meningkatkan stress. Terdapat salah satu cara untuk mengurangi kemacetan ini yaitu dengan mengoptimalisasi lampu lalu lintas. Sistem optimalisasi ini dibuat dengan menggunakan mikrokontroller Arduino. Optimalisasi lampu lalu lintas ini adalah dengan membuat durasi lampu lalu lintas menyala sesuai dengan panjangnya antrian kendaraan pada persimpangan. Dari optimalisasi lampu lalu lintas ini akan dihasilkan waktu lampu lalu lintas dimana disesuaikan dengan panjangnya antrian kendaraan pada jalur tertentu. Diharapkan dengan adanya pengoptimalisasian durasi nyala lampu lalu lintas ini dapat meminimalisir angka kemacetan sebesar 40-50%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemacetan, optimalisasi, lampu lalu lintas, arduino |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 13:00 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 13:00 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24699 |
Actions (login required)
View Item |