PENGARUH TINGKAT TERPAAN IKLAN TELEVISI TERHADAP TINGKAT PERCEIVED QUALITY MEREK (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Tingkat Terpaan Iklan Televisi, Sikap Khalayak terhadap Iklan Televisi, Pengalaman Menggunakan Produk terhadap Tingkat Perceived Quality Merek pada Iklan Produk Indomie versi “Ini Ceritaku Apa Ceritamu”)

Dharmasari, Elsa Wahyu (2012) PENGARUH TINGKAT TERPAAN IKLAN TELEVISI TERHADAP TINGKAT PERCEIVED QUALITY MEREK (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Tingkat Terpaan Iklan Televisi, Sikap Khalayak terhadap Iklan Televisi, Pengalaman Menggunakan Produk terhadap Tingkat Perceived Quality Merek pada Iklan Produk Indomie versi “Ini Ceritaku Apa Ceritamu”). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03290.pdf

Download (1162Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03290.pdf

Download (2041Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03290.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03290.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2065Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03290.pdf

Download (150Kb)

Abstract

Munculnya beragam stasiun televisi beserta program-program acara yang dimilikinya, turut pula berkembang aktivitas periklanan yang menggunakan televisi sebagai media pemasarannya. Khalayak disuguhi berbagai macam iklan dari bermacam-macam merek yang beriklan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengaruh tingkat terpaan iklan televisi terhadap tingkat perceived quality merek sehingga dapat diketahui pengaruh tingkat terpaan iklan televisi terhadap tingkat perceived quality merek dan pengaruh faktor-faktor lain terhadap kedua variabel. Terpaan iklan berkaitan dengan terpaan media yang dialami oleh khalayak karena terpaan media memberi kesempatan khalayak untuk diterpa aktivitas periklanan. Aktivitas periklanan televisi, sebagai salah satu aktivitas komunikasi pemasaran membantu pembentukan brand prerceived quality. Perceived quality merupakan bagian dari elemen ekuitas merek yang menunjang efektivitas program pemasaran. Aktivitas periklanan pada sebuah media, terutama media televisi dalam hal ini iklan televisi dapat menjadi faktor stimulus pembentukan sikap khalayak selain juga faktor dari luar diri khalayak juga turut berpengaruh dalam pembentukan sikap seperti pengalaman pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ekplanatif yang menjelaskan pengaruh variabel tingkat terpaan iklan televisi terhadap variabel tingkat perceived quality merek pada iklan televisi Indomie “ini ceritaku, vi apa ceritamu”. Sampel yang digunakan adalah pengunjung warung burjo di daerah Babarsari dengan jumlah sampel 200 responden. Penelitian ini juga menggunakan sikap khalayak terhadap iklan sebagai variabel antara serta pengalaman menggunakan produk sebagai variabel control. Pengujian pengaruh dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear sederhana, sehingga dapat diketahui signifikasi pengaruh tingkat terpaan iklan televisi terhadap tingkat perceived quality merek. Hasil pengujian regresi linear sederhana menunjukkan bahwa pengaruh tingkat terpaan iklan televisi terhadap tingkat perceived quality merek signifikan ketika dikontrol oleh pengalaman menggunakan produk, sedangkan tidak ada pengaruh antara tingkat terpaan iklan terhadap sikap khalayak terhadap iklan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat perceived quality tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat terpaan iklan televisi, namun juga faktor-faktor lain yang dimiliki oleh khalayak baik faktor dari dalam maupun luar khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat terpaan iklan televisi, tingkat
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:23
Last Modified: 01 May 2013 09:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item