REMAKE & EKSTENSI APLIKASI ATMAREWARDS MENGGUNAKAN XAMARIN

Thomas, Triska Florencia (2021) REMAKE & EKSTENSI APLIKASI ATMAREWARDS MENGGUNAKAN XAMARIN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Triska Florencia Thomas)
160709029_bab0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160709029_bab1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
160709029_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
160709029_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
160709029_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
160709029_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
160709029_bab6.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran modern menggunakan sistem elearning telah diadaptasi secara meluas oleh berbagai institusi pendidikan, dari sekolah dasar hingga tingkat universitas. Penerapan gamifikasi dalam pembelajaran juga telah terbukti memiliki hasil yang cukup signifikan terhadap motivasi tenaga pendidik dan peserta didik. Universitas Atma Jaya Yogyakarta menerapkan kedua sistem tersebut, didampingi dengan aplikasi AtmaRewards untuk memantau poin. AtmaRewards yang hanya tersedia pada platform Android memicu protes dari pengguna iOS, dan juga masih menggunakan fungsi lawas dari sisi pemrograman. Untuk memperbaiki permasalahan ini, penulis membangun sebuah aplikasi cross-platform menggunakan Xamarin, yang mempermudah pengembangan dan pemeliharaan aplikasi di platform Android dan iOS. Aplikasi yang dibangun terhubung dengan web server AtmaRewards yang dibangun dengan CodeIgniter dan database MySQL, mengikuti tampilan dan fungsionalitas yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi AtmaRewards yang telah ada. Penelitian menghasilkan sebuah aplikasi Mobile yang berjalan di platform Android dan iOS, dengan tampilan asali dari tiap platform. Hasil pengujian dengan 36 pengguna menunjukkan aplikasi AtmaRewards dapat membantu pengguna dengan 67% responden, yang terdiri dari 18 pengguna Android dan 6 pengguna iOS, menjawab “Puas”, 31% responden, yang terdiri dari 9 pengguna Android dan 2 pengguna iOS, menjawab “Sangat Puas”, 3% responden, yaitu 1 pengguna Android menjawab “Cukup”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, elearning, Android, iOS, Xamarin
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 10 Sep 2021 13:38
Last Modified: 10 Sep 2021 13:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24703

Actions (login required)

View Item View Item