Thomas, Triska Florencia (2021) REMAKE & EKSTENSI APLIKASI ATMAREWARDS MENGGUNAKAN XAMARIN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Triska Florencia Thomas)
160709029_bab0.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
160709029_bab1.pdf Download (527kB) | Preview |
|
Text
160709029_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
Text
160709029_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
160709029_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
160709029_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text
160709029_bab6.pdf Download (521kB) | Preview |
Abstract
Sistem pembelajaran modern menggunakan sistem elearning telah diadaptasi secara meluas oleh berbagai institusi pendidikan, dari sekolah dasar hingga tingkat universitas. Penerapan gamifikasi dalam pembelajaran juga telah terbukti memiliki hasil yang cukup signifikan terhadap motivasi tenaga pendidik dan peserta didik. Universitas Atma Jaya Yogyakarta menerapkan kedua sistem tersebut, didampingi dengan aplikasi AtmaRewards untuk memantau poin. AtmaRewards yang hanya tersedia pada platform Android memicu protes dari pengguna iOS, dan juga masih menggunakan fungsi lawas dari sisi pemrograman. Untuk memperbaiki permasalahan ini, penulis membangun sebuah aplikasi cross-platform menggunakan Xamarin, yang mempermudah pengembangan dan pemeliharaan aplikasi di platform Android dan iOS. Aplikasi yang dibangun terhubung dengan web server AtmaRewards yang dibangun dengan CodeIgniter dan database MySQL, mengikuti tampilan dan fungsionalitas yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi AtmaRewards yang telah ada. Penelitian menghasilkan sebuah aplikasi Mobile yang berjalan di platform Android dan iOS, dengan tampilan asali dari tiap platform. Hasil pengujian dengan 36 pengguna menunjukkan aplikasi AtmaRewards dapat membantu pengguna dengan 67% responden, yang terdiri dari 18 pengguna Android dan 6 pengguna iOS, menjawab “Puas”, 31% responden, yang terdiri dari 9 pengguna Android dan 2 pengguna iOS, menjawab “Sangat Puas”, 3% responden, yaitu 1 pengguna Android menjawab “Cukup”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, elearning, Android, iOS, Xamarin |
Subjects: | Teknik Informatika > Soft Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 13:38 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 13:38 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24703 |
Actions (login required)
View Item |