PENGARUH BRAND LOVE SEBAGAI FAKTOR MEDIASI ANTARA CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY DAN POSITIVE WORD OF MOUTH PRODUK NOTEBOOK (Studi Eksplanatif Pada Mahasiswa Pengguna Notebook Merek Acer Aspire di Program Studi Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Lewarissa, Adrianus Samuel Nugraha Aji (2012) PENGARUH BRAND LOVE SEBAGAI FAKTOR MEDIASI ANTARA CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP BRAND LOYALTY DAN POSITIVE WORD OF MOUTH PRODUK NOTEBOOK (Studi Eksplanatif Pada Mahasiswa Pengguna Notebook Merek Acer Aspire di Program Studi Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03299.pdf

Download (1659Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03299.pdf

Download (2400Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03299.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03299.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1352Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03299.pdf

Download (248Kb)

Abstract

Pembelian sebuah produk di komunitas masyarakat yang modern saat ini, transaksi pembelian barang atau jasa ditentukan oleh merek. Apabila konsumen merasa terpuaskan dengan merek yang dipilihnya, maka hal tersebut akan mempengaruhi pembentukan cinta merek (brand love). Kecintaan terhadap merek juga terkait dengan produk hi-tech (high technology) dalam konsep teknologi. Hal tersebut menyebabkan penulis tertarik untuk menjadikan produk notebook merek Acer Aspire sebagai objek penelitiannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand love sebagai faktor mediasi antara customer satisfaction terhadap brand loyalty dan positive word of mouth produk notebook Acer Aspire dikalangan mahasiswa dan mahasiswi program studi Teknik Informatika di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode survey dengan jenis survey eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif di Program Studi Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan total sampel 88 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling, dimana terdapat kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk pengisian kuisioner. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan kuesioner (data primer), kemudian buku laporan, dan artikel yang berkaitan (data sekunder). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi kanonikal dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran brand love sebagai faktor mediasi antara customer satisfaction terhadap brand loyalty dan positive word of mouth dapat dibuktikan dimana apabila responden memiliki perasaan cinta atau lebih dari sekedar menyukai karena tingginya kepuasaan terhadap notebook merek Acer Aspire, maka hal tersebut akan mendukung adanya keinginan responden untuk menyebarkan kata-kata positif tentang notebook merek Acer Aspire dan menciptakan kesetiaan terhadap notebook merek Acer Aspire. Begitu juga dengan teori action-assembly dimana teori tersebut menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam pengalamannya menggunakan sebuah produk dapat menimbulkan sebuah tindakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: customer satisfaction, brand love, brand loyalty, word of mouth
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:27
Last Modified: 01 May 2013 10:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item