PERBAIKAN TATA LETAK LAPAK DI PASAR TRADISIONAL TRIWINDU BERDASARKAN MARKET BASKET ANALYSIS

Indriani, Agatha Purwita (2021) PERBAIKAN TATA LETAK LAPAK DI PASAR TRADISIONAL TRIWINDU BERDASARKAN MARKET BASKET ANALYSIS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Agatha Purwita Indriani)
170609377_bab0.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609377_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609377_bab2.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
170609377_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
170609377_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
170609377_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170609377_bab6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar tradisional merupakan tempat jual beli yang masih banyak dijumpai pada beberapa daerah sekarang ini. Pasar tradisional Triwindu salah satunya, pasar ini terletak di Jalan Imogiri Barat km 6,5 dan belum melakukan penataan lapak pedagang sehingga konsumen sering merasa kebingungan ketika menuju atau mencari penjual yang menjual barang dengan kategori tertentu. Selain itu, pihak pengelola menginginkan sebuah penataan layout untuk lapak pedagang di los pasar agar dapat meningkatkan efektivitas dalam penyediaan saluran air bersih dan tempat pembuangan limbah. Penelitian ini menggunakan metode Market Basket Analysis untuk mengetahui pola pembelian konsumen yang muncul. Dilakukan pula analisis kedekatan pada tiap kategori barang dengan peta Activity Relationship Chart yang kemudian akan diproses menggunakan bantuan software blocplan untuk mendapatkan alternatif layout yang sesuai. Rancangan tata letak lapak yang baru diharapkan baru dapat mempersingkat proses berbelanja para konsumen serta memberikan kenyamanan berbelanja. Hasil dari penelitian ini adalah dua alternatif layout usulan perbaikan yang perancangannya mempertimbangkan pola pembelian konsumen dengan memperhatikan nilai support dan confidence serta alasan kedekatan pada setiap kategori barang yang dijual. Dengan usulan tata letak yang ada, pembeli akan lebih mudah mencari jenis barang yang diinginkan dan dapat mengurangi waktu berbelanja. Selain itu, adanya pertimbangan penyediaan saluran air, lapak kategori daging dan ikan diletakkan berdekatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional, market basket analysis, tata letak, activity relationship chart, blocplan.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 28 Sep 2021 09:06
Last Modified: 28 Sep 2021 09:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24830

Actions (login required)

View Item View Item