PENGARUH PENAMBAHAN FLUID VISCOUS DAMPER TERHADAP KINERJA STRUKTUR PADA BANGUNAN 5 LANTAI DI YOGYAKARTA DENGAN ANALISIS PUSHOVER

Natalia, Laurentcia Felicia (2020) PENGARUH PENAMBAHAN FLUID VISCOUS DAMPER TERHADAP KINERJA STRUKTUR PADA BANGUNAN 5 LANTAI DI YOGYAKARTA DENGAN ANALISIS PUSHOVER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Laurentcia Felicia Natalia)
Bab 0.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img]
Preview
Text
Bab VII.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang rawan terjadi bencana alam. Salah satunya adalah gempa bumi. Gempa bumi bisa menimbulkan getaran yang besar dan membahayakan struktur suatu bangunan serta makhluk hidup yang ada di dalam bangunan tersebut. maka dari itu, penulis menambahkan suatu alat yang dapat meredam getaran gempa tersebut yaitu fluid viscous damper. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan fluid viscous damper terhadap kinerja struktur. beberapa hal yang akan ditinjau adalah defeksi lateral, simpangan antar tingkat , waktu getar struktur ,gaya geser dan momen pada balok, dan level kinerja struktur. Analisis struktur dilakukan dengan program ETABS non linear versi 9.7.1 dan untuk mengetahui level kinerja struktur digunakan analisis pushover dengan metode spektrum kapasitas. Dari hasil penelitian, setelah bangunan ditambahkan fluid viscous damper didapatkan hasil: (1) defleksi lateral tereduksi 83,7%, (2) simpangan antar tingkat tereduksi 83,2%, (3) waktu getar struktur berkurang. Untuk arah x dari 0,704 detik menjadi 0,23 detik (4) momen pada balok tereduksi 60,9% dan gaya geser pada balok tereduksi 29,7%, (5) level kinerja struktur setelah ditambahkan FVD menjadi lebih baik. Hal ini dilihat dari batas drift rasio menurut ATC 40. Sebelum penambahan FVD, struktur masuk dalam kategori damage control dan setelah penambahan FVD, struktur masuk dalam kategori immediate occupancy.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fluid viscous damper, pushover, level kinerja struktur
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 01 Oct 2021 13:30
Last Modified: 01 Oct 2021 13:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24864

Actions (login required)

View Item View Item