PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI MAHAKAM DARI KEGIATAN PENGELOLAAN LAHAN DI KOTA SENDAWAR KALIMANTAN TIMUR

Randalayuk, Jenita (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI MAHAKAM DARI KEGIATAN PENGELOLAAN LAHAN DI KOTA SENDAWAR KALIMANTAN TIMUR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jenita Randalayuk)
160512386 1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160512386 2.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
160512386 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
160512386 4.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Air merupakan sumber penghidupan manusia, yang dapat diperoleh melalui air sungai, air laut, dan sebagainya. Namun, aktivitas pengelolaan lahan oleh manusia dapat mencemarkan kemurnian air. Hal ini juga terjadi di Kota Sendawar, yang terkenal dengan kegiatan pengelolaan lahan seperti tanah pertanian, dan penambangan batu bara. Letak daerah yang berdampingan dengan aliran sungai Mahakam membuat potensi pemcemaran lebih tinggi. Untuk mengatasi itu keluarkan undang-undang sebagai perlindungan hukum terhadap kemurnian air dari tindakan manusia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum untuk air sungai makaham. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengambil data dari hasil wawancara (sumber data primer) dan data tertulis sepeti buku dan undang-undang (sumber data sekunder). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap kualitas air Sungai Mahakam dari kegiatan pengelolaan lahan di Kota Sendawar telah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun perlu ditingkatkan dalam hal pencegahan dengan cara memperketat pengawasan dan penegakan hukum bagi pelaku kegiatan yang berpotensi mencemarkan. Sedangkan kendala pelaksaaan meliputi Faktor Internal, disebabkan karena adanya keterbatasaan alat dan laboratorium untuk pengujian. Faktor Ekstenal, disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan baik. Sedangkan solusi yang dapat dilakukan salah satunya meningkatkan program sosialiasi ke masayarakat tentang menjaga lingkungan dan tidak buang sampah ke sungai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Kualitas Air, Pengelolaan Lahan,
Subjects: Ilmu Hukum > Pertanahan, Pembangunan dan Lingkungan Hidup
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:54
Last Modified: 19 Oct 2021 08:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24949

Actions (login required)

View Item View Item