GAYA HIDUP DAN ARSITEKTUR RUMAH TINGGAL SENIMAN Studi Kasus : Kajian Interpretatif terhadap Rancangan Rumah Tinggal Seniman

Purbadi, Y. Djarot (2011) GAYA HIDUP DAN ARSITEKTUR RUMAH TINGGAL SENIMAN Studi Kasus : Kajian Interpretatif terhadap Rancangan Rumah Tinggal Seniman. In: Seminar Nasional SCAN#2 : 2011, 31 Mei 2011, Yogyakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Djarot Purbadi)
2011-SCAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian tentang kaitan pencipta dan ciptaannya dalam arsitektur merupakan sebuah tema kajian yang menarik. Beberapa kajian pernah dilakukan, antara lain terhadap Suyudi, Silaban, Mangunwijaya, dan Eko Prawoto, yang terfokus pada melihat kaitan arsitek dengan karyanya. Kajian-kajian tersebut memberi inspirasi dan ikut memperkembangkan wawasan dan kreativitas serta profesionalisme dalam dunia arsitektur. Pada sisi yang lain, ada fenomena menarik, beberapa seniman merancang sendiri rumahnya didampingi seorang arsitek profesional yang lebih berperan sebagai bidan, yaitu membantu kelahiran ide seniman menjadi rancangan rumah tinggal mereka sendiri. Kajian tulisan ini berfokus pada hubungan antara seniman dan dunianya dengan keunikan arsitektur rumah tinggal mereka. Metode kajian yang digunakan adalah interpretasi kualitatif terhadap teks dan gambar, digabungkan dengan proses induksi kualitatif, untuk menemukan hubungan tiga hal penting, yaitu hubungan antara gaya hidup mereka dan keunikan arsitektur rumah tinggalnya. Obyek kajian terbatas pada bahan tercetak berupa buku yang ditulis oleh Ariadina (2009), memuat tentang sepuluh tokoh dan rumahnya, namun hanya tujuh yang benar-benar seniman dan dikaji dalam tulisan ini yaitu: perupa, artis monolog, kolektor seni, musikus, pelukis, desain grafis, dan penyair. Kajian ini menemukan: gaya hidup seniman berciri menyatu dengan alam, menyatu dengan sesama manusia, mengungkapkan estetika seniman, dan menampilkan jatidiri personal, yang terungkap pada keunikan rancangan rumah tinggal mereka. Basis tersebut menjadi acuan penting dalam merancang rumah tinggal dengan karakter unik, dan secara khusus terungkap pada pemilihan lokasi, pengolahan konteks alam dan sosial, penataan ruang-ruang dan pernik-pernik ornamen serta material bangunan yang digunakan. Arsitektur rumah tinggal seniman menjadi unik karena bersifat multi-intensi, yaitu sebagai sarang untuk tinggal, media untuk mengungkapkan jatidiri secara kreatif, mengungkapkan impian-impian mereka di masa lalu, dan dilandasi oleh kecintaan terhadap alam, kemanusiaan dan estetika seni.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: gaya hidup, identitas, rumah seniman, arsitektur rumah seniman.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:59
Last Modified: 26 Oct 2021 08:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/24994

Actions (login required)

View Item View Item