Strategi Brand Activation dalamMewujudkan Loyalitas Konsumen dan Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Evaluatif Proses Perencanaan hingga Implementasi Aktivitas Brand Activation PT Pertamina (Persero) Sales Area Yogyakarta Melalui Program Promosi “Pertamax Experience” Dalam Mewujudkan Loyalitas Konsumen dan Meningkatkan Penjualan Produk Non Subsidi Pertamax)

Mulyoprastyo, Andri (2012) Strategi Brand Activation dalamMewujudkan Loyalitas Konsumen dan Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Evaluatif Proses Perencanaan hingga Implementasi Aktivitas Brand Activation PT Pertamina (Persero) Sales Area Yogyakarta Melalui Program Promosi “Pertamax Experience” Dalam Mewujudkan Loyalitas Konsumen dan Meningkatkan Penjualan Produk Non Subsidi Pertamax). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03323.pdf

Download (1850Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03323.pdf

Download (3055Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03323.pdf

Download (9Mb)

Abstract

Salah satu bentuk komunikasi pemasaran terintegrasi yaitu komunikasi pemasaran brand activation. Kegiatan tersebut sering dilakukan oleh perusahaanperusahaan dalam mengkomunikasikan produknya dengan lebih mendekatkan ke khalayak sasaran secara personal. Proses penyusunan perencanaan kegiatan brand activation perlu adanya suatu strategi, agar implementasi kegiatan brand activation ini dapat efektif dan tercapai tujuan komunikasinya. PT Pertamina Sales Area Yogyakarta membuat kegiatan komunikasi pemasaran yang lebih menarik perhatian konsumen, yaitu melalui kegiatan brand activation yang dilakukan dengan berdasar pada program promosi yang berjudul Pertamax Experience. Penelitian ini menggunakan kegiatan brand activation Pertamax Experience yang dilakukan PT Pertamina sebagai subjek penelitian untuk mengetahui proses perencanaan hingga implementasi kegiatan brand activation tersebut, dalam meningkatkan sales volume produk Pertamax sebagai produk nonsubsidi, serta mengetahui peran kegiatan brand activation itu dalam mewujudkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan teori elemen pengembangan program komunikasi dan promosi total yang efektif menurut Philip Kotler. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian studi evaluatif. Penelitian ini lebih melihat bagaimana proses perencanaan hingga implementasi yang terjadi di dalam aktivitas brand activation tersebut. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dari objek penelitian. Objek penelitian ini yaitu produk Pertamax dengan fokus utama proses perencanaan hingga implementasi dari kegiatan aktivitas brand activation program Pertamax Experience 2011. Hasil penelitian ini berupa temuan data mengenai informasi proses perencanaan hingga implementasi dari aktivitas brand activation program Pertamax Experience. Peneliti kemudian menganalisa mengenai proses perencanaannya dan mengevaluasi proses implementasinya berdasarkan elemen pengembangan program komunikasi dan promosi total yang efektif menurut teori Philip Kotler. Selain itu peneliti juga menganalisa aktivitas brand activation program Pertamax Experience ini mampu berperan dalam mewujudkan loyalitas konsumen, untuk meningkatkan sales volume produk Pertamax. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Proses perencanaan dalam menyusun strategi brand activation terstruktur dengan berdasar teori Philip Kotler yaitu elemen pengembangan program komunikasi dan promosi total yang efektif. Tetapi di dalam proses implementasinya terdapat beberapa aktivitas yang tidak sesuai dengan perencanaanya, terutama faktor komunikator yang masih dianggap kurang efektif. Adanya kegiatan brand activation program Pertamax Experience mampu meningkatkan sales volume Pertamax. Namun di sisi lain dapat disimpulkan juga bahwa konsumen belum dapat dikatakan loyal terhadap Pertamax, karena konsumen masih dipengaruhi masalah harga dalam membeli bahan bakar untuk kendaraanya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Brand Activation, Loyalitas konsumen, Sales Volume.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:33
Last Modified: 01 May 2013 10:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item