Perancangan Aplikasi Mobile untuk Pariwisata Heritage di Indonesia Menggunakan Pendekatan Gamifikasi

Widarti, Erni (2020) Perancangan Aplikasi Mobile untuk Pariwisata Heritage di Indonesia Menggunakan Pendekatan Gamifikasi. S2 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Erni Widarti)
18 530 2843_0.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 530 2843_1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 530 2843_2.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18 530 2843_3.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
18 530 2843_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
18 530 2843_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
18 530 2843_6.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Pariwisata heritage adalah suatu perjalanan berwisata di wilayah tertentu yang memiliki nilai sejarah dan warisan leluhur sebagai daya tariknya seperti candi, museum, keraton dll. Indonesia adalah salah satu bangsa yang memiliki warisan sejarah yang beragam yang berpotensi untuk dikembangkan karena terdapat tempat yang bersejarah dan dinilai sebagai potensi wisata tersebut. Teknologi berperan penting dalam pengembangan pariwisata heritage untuk memudahkan penyampaian informasi kepada wisatawa salah satunya yaitu mobile aplikasi. Desain aplikasi yang diusulkan yaitu desain aplikasi mobile dengan pendekatan gamifikasi untuk memudahkan wisatawan dalam mendapatkan informasi dan pengalaman berwisata untuk eksplorasi tempat wisata yang menyenangkan. Pendekatan gamifikasi digunakan sebagai daya tarik tersendiri dimana wisatawan berpetualang disalah satu tempat wisata berkonsep game dalam penyampaian informasi menggunakan elemen game. Penelitian ini dilakukan di 3 candi, yaitu candi Gedongsongo, candi Prambanan, dan candi Borobudur. Uji desain prototype dilakukan pada 100 wisatawan yang mengunjungi 3 tempat wisata candi tersebut. Hasilnya menunjukkan 86% pengguna setuju dengan desain prototype yang diusulkan. Berdasarkan skala kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil dalam merancang prototype aplikasi mobile wisata warisan untuk mengeksplorasi wisata candi. Desain aplikasi ini cocok untuk pengguna berdasarkan empat variabel: Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Kemudahan Belajar, dan Kepuasan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Mobile, Pariwisata Heritage, Gamifikasi
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Nov 2021 10:07
Last Modified: 02 Nov 2021 10:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25171

Actions (login required)

View Item View Item