Handry, Yo (2021) PENGARUH KREDIBILITAS ARIEF MUHAMMAD PADA AKUN INSTAGRAM @ARIEFMUHAMMAD SEBAGAI ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (YO HANDRY)
17 09 06342 1.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
17 09 06342 2.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
17 09 06342 3.pdf Download (743kB) | Preview |
|
Text
17 09 06342 4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
|
Text
17 09 06342 5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Hadirnya online shop di Instagram memunculkan persaingan yang tinggi antara sesama penjual. Dalam hal menanggapi persaingan yang tinggi dan kompetitif, setiap penjual online shop perlu melakukan komunikasi pemasaran yang tepat (Suswanto dan Setiawati, 2020, h. 19). Perencanaan yang terstruktur mampu mendukung strategi pemasaran yang efektif. Menurut Faizan (2013, h.2), peran seorang endorser memiliki kekuatan dalam mengarahkan konsumen untuk masuk ke tahapan keputusan pembelian. Hal ini dikarenakan keterkaitan antara keputusan pembelian dengan kebutuhan informasi produk/jasa yang bisa didapatkan oleh konsumen. Semakin kredibel seorang endorser, maka informasi atau pesan yang disampaikan akan lebih mudah dipercaya. Lebih fokus lagi, penelitian ini membahas mengenai kredibilitas yang dapat diberikan Arief Muhammad pada akun Instagram @ariefmuhammad sebagai endorser. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kredibilitas Arief Muhammad pada akun Instagram @ariefmuhammad sebagai endorser terhadap keputusan pembelian followers. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan penyebaran kuesioner secara online melalui google form kepada 400 responden, yaitu followers @ariefmuhammad. Penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics 25 untuk mengolah data hasil kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara kredibilitas Arief Muhammad pada akun Instagram @ariefmuhammad sebagai endorser terhadap keputusan pembelian followers. Melalui penelitian ini, Arief Muhammad sebagai endorser dapat memperhatikan dan meningkatkan aspek kredibilitas secara mendalam seperti kepercayaan (trustworthiness), ketertarikan (attractiveness), dan keahlian (expertise) supaya keputusan pembelian followers juga dapat mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kredibilitas, Endorser, Keputusan Pembelian, Arief Muhammad |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 13:33 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 13:33 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25204 |
Actions (login required)
View Item |