Nugroho, Vahri Setio (2021) PROSES PERILAKU PEMBELIAN MAKANAN MELALUI APLIKASI GOFOOD PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (VAHRI SETIO NUGROHO)
14 090 5381 1.pdf Download (902kB) | Preview |
|
|
Text
14 090 5381 2.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
14 090 5381 3.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text
14 090 5381 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
14 090 5381 5.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
Aplikasi Go-Food pada saat ini banyak dipergunakan untuk mempermudah pemesanan makanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku pembelian makanan melalui aplikasi online Go-Food pada mahasiswa di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif. Triangulasi yang dipergunakan adalah triangulasi sumber dengan membandingkan data antar narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perilaku pembelian makanan melalui aplikasi online Go-Food pada mahasiswa di Kota Yogyakarta dilakukan dengan beberapa tahapan. Pada penelitian ini peneliti mendapati hasil bahwa pemilihan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi Go-Food untuk pemesanan makanan lebih kepada gaya hidup yang praktis dan cepat dimana dengan menggunakan layanan Go-Food konsumen tidak perlu datang ke restoran untuk mendapatkan makanan/minuman yang diinginkan. Faktor harga menjadi pertimbangan yang penting bagi mahasiswa mahasiswa di Kota Yogyakarta dalaapm memilih makanan/minuman yang akan di pesan, karena melalui aplikasi Go-Food harga makanan/minuman menjadi lebih mahal dibandingkan membeli langsung di restoran. Penelitian ini menemukan pergeseran perilaku konsumen sehingga menjadi temuan baru dalam penelitian, yaitu pada pembayaran pembelian makanan melalui Go-Food yang sebelumnya informan melakukan pembayaran secara tunai dan sejak pandemic informan beralih ke pembayaran dengan Go-Pay. Pembayaran Go-Pay meminimalisir interaksi dan kontak dengan driver yang mengantarkan makanan sehingga aman dari sisi kesehatan. Pembayaran Go-Pay memberikan keuntungan bagi pelanggan Go-Food karena adanya fasilitas diskon ongkos kirim, promo menarik bagi pelanggan. Promo ini menambah minat pelanggan Go-Food untuk menggunakan pembayan Go-Pay setiap pemesanan Go-Food.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Pembelian, Aplikasi Go-Food, Mahasiswa di Yogyakarta |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 09:43 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 09:43 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25246 |
Actions (login required)
View Item |