IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE MAYA UBUD RESORTS & SPA MELALUI SOCIAL MEDIA INFLUENCER DI MASA PANDEMI COVID-19

Karowista, Ni Komang Melati Matra (2021) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE MAYA UBUD RESORTS & SPA MELALUI SOCIAL MEDIA INFLUENCER DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NI KOMANG MELATI MATRA KAROWISTA)
170906434 1.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906434 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170906434 3.pdf

Download (953kB) | Preview
[img] Text
170906434 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
170906434 5.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Perhotelan merupakan salah satu sarana penunjang terpenting bagi sektor pariwisata khusunya di Indonesia, dimana terdapat sebanyak 29.243 hotel yang berdiri di Indonesia. Pasca kemunculan pandemi COVID-19, perhotelan menjadi salah satu sektor yang terkena dampak hingga menimbulkan kerugian besar mencapai 21 triliun. Agar tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19, tidak sedikit pihak perhotelan mengubah strategi komunikasi pemasarannya secara online dengan menggandeng social media influencer untuk membantu menyampaikan pesan terkait produk/jasa yang ditawarkan. Influencer merupakan seseorang yang memiliki pengikut atau audiens yang tinggi dan memiliki pengaruh kuat terhadap pengikutnya di media sosial seperti selebgram, artis, ataupun blogger. Media sosial Instagram merupakan salah satu media komunikasi bersifat interaktif yang paling sering digunakan oleh para influencer dalam menyampaikan pesan karena dalam Instagram, influencer secara langsung dapat melakukan suatu interaksi dengan pengikutnya. Maya Ubud Resorts & Spa merupakan salah satu industri perhotelan di Bali yang terkena dampak akibat pandemi COVID-19 dan merubah strategi komunikasi pemasarannya secara tepat melalui jasa social media influencer untuk bisa bertahan dan bersaing di tengah pandemi. Maka dari itu, topik penelitian ini mengenai implementasi komunikasi pemasaran online Maya Ubud Resorts & Spa melalui social media influencer di masa pandemi COVID-19. Social media influencer menggunakan media sebagai pihak ketiga dalam menyampaikan pesan ke target pasarnya, salah satu media yang digunakan adalah Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap dua narasumber yang terlibat dan menguasai komunikasi pemasaran online dari Maya Ubud Resorts & Spa melalui social media influencer dalam menyampaikan pesan ke target sasaran serta untuk meningkatkan pendapatannya di masa pandemi. Dokumen sekunder yang disertakan meliputi survey internal dari Maya Ubud Resorts & Spa sebagai data pendukung pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi komunikasi pemasaran online Maya Ubud Resorts & Spa melalui social media influencer di masa pandemi COVID-19 diawali dari perumusan strategi yang dilakukan berdasar pada penentuan influencer dengan cara menganalisis engagement, jumlah pengikut Instagram, jumlah komentar per postingan foto atau video, serta latar belakang atau citra dari influencer itu sendiri sesuai dengan ketentuan yang telah diberlakukan oleh Maya Ubud. Social media influencer dimanfaatkan oleh Maya Ubud untuk menarik minat pembelian khalayak dan sebagai salah satu taktik pemasaran online di tengah pandemi COVID-19. Aktivitas komunikasi pemasaran online yang diterapkan Maya Ubud melalui social media influencer akan terus dilakukan karena mampu menggiring atau mempengaruhi audiensnya hingga sampai ke tahap pembelian produk/jasa yang ditawarkan oleh Maya Ubud Resorts & Spa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Maya Ubud Resorts & Spa, Influencer, Kerjasama, Komunikasi Pemasaran Online
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 10 Nov 2021 12:50
Last Modified: 10 Nov 2021 12:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25274

Actions (login required)

View Item View Item