Master Plan Bandara Helikopter (heliport) Di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur

Leba, Laurensius Adriano Lebe (2010) Master Plan Bandara Helikopter (heliport) Di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS11012.pdf

Download (245Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS11012.pdf

Download (420Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS11012.pdf

Download (82Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS11012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1197Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS11012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS11012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2559Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS11012.pdf

Download (5Mb)

Abstract

Kabupaten Sikka merupakan salah satu kabupaten yang berada pada Pulau Flores Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kondisi geografis Pulau Flores yang berupa perbukitan dan pegunungan serta merupakan daerah kepulauan membuat jarak transportasi antara kabupaten dan pulau yang satu dengan kabupaten dan pulau lainnya sangat jauh. Transportasi darat dan laut yang ada saat ini kurang maksimal meskipun telah didukung transportasi udara oleh pesawat terbang, oleh karena itu dibutuhkan transportasi udara yang baru seperti helikopter serta bandara helikopter (heliport) yang mendukung aktifitas helikopter untuk dapat beraktifitas menjangkau setiap pulau dan kecamatan, bahkan daerah – daerah yang terpencil. Dalam studi perencanaan ini variabel yang dianalisis adalah rencana induk bandara helikopter (heliport) yang meliputi sisi darat dan udara. Perencanaan master plan bandara mengacu pada jumlah pulau, jumlah kecamatan dan letak geografis dari Pulau Flores yang berada pada Propinsi Nusa Tenggara Timur. Perencanaan pada sisi udara ditinjau dari karakteristik helikopter yang akan digunakan, sedangkan pada sisi darat ditinjau fasilitas yang akan direncanakan yaitu terminal dan fasilitas lainnya. Hasil analisis menunjukan bahwa untuk merencanakan master plan bandara helikopter di Kabupaten Sikka yang akan melayani 14 tujuan penerbangan dengan menggunakan 3 (Tiga) unit helikopter Sikorsky S-61N membutuhkan dimensi final approach and takeoff area (FATO) dengan panjang 200 feet (60,96 m), lebar 124 feet (37,8 m), touchdown and liftoff area (TLOF) dengan panjang 73 feet (22,25 m), lebar 73 feet (22,25 m), jarak antara touchdown and liftoff area (TLOF) terhadap final approach and takeoff area (FATO) 25,5 feet (7,7 m), safety area 30 feet (9 m), taxiway and taxi routes dengan taxiways ground operations 102 feet (31 m), lebar taxiway pavement 30 feet (9 m), parking area dengan lebar 62 feet (19 m), jarak aman 30 feet (9 m), jarak aman minimum antara parking area terhadap bangunan terminal adalah 50 feet (15,24 m) dan digunakan 3 (Tiga) buah Parking area. Luas terminal penumpang 930 m

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: master plan, final approach and takeoff area (FATO), touchdown and liftoff area (TLOF), taxiway and taxi routes, Parking area, terminal, parkiran.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jun 2013 09:32
Last Modified: 26 Jun 2013 09:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2532

Actions (login required)

View Item View Item