PRAKTIK KOMUNIKASI PEMASARAN STUDIO ARYA MUSIC PRODUCTION DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR

Nugroho, Yohanes Candra Adi (2021) PRAKTIK KOMUNIKASI PEMASARAN STUDIO ARYA MUSIC PRODUCTION DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (YOHANES CANDRA ADI NUGROHO)
14 0905393 1.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 0905393 2.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 0905393 3.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
14 0905393 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
14 0905393 5.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Sejak tahun 2010, pesatnya perkembangan teknologi menjadi faktor penyebab ketatnya persaingan bisnis studio rekaman, karena menjadi titik balik bergantinya peralatan rekam konvensional berbasis analog menjadi peralatan digital (Suryadi, 2020). Dalam ketatnya persaingan tersebut diketahui studio rekaman Arya Music Production adalah salah satu pelaku industri yang memanfaatkan sosial media untuk komunikasi pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui praktik komunikasi pemasaran studio Arya Music Production dalam menghadapi persaingan pasar. Komunikasi pemasaran dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik menentukan target pasar, memposisikan diri sebagai pelaku bisnis studio rekaman, sampai pada batasan pricing strategy menurut Shimp dan Andrews (2013). Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Temuan data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan pihak Arya Music Production meliputi pemilik, tim produksi dan kolaborator. Hasil penelitian ini menemukan bahwa praktik komunikasi pemasaran pada studio rekaman Arya Music Production diawali dengan identifikasi pasar yang cukup untuk menjalankan bauran pemasaran dalam memperkuat posisi dalam pasar persasingan studio rekaman. Bauran pemasaran memegang peranan penting pada keberhasilan praktik komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh studio rekaman Arya Music Production. Bentuk bauran pemasaran yang dominan dilakukan oleh Arya Music Production adalah iklan. Implementasi iklan tersebut terlihat dari adanya anggaran khusus yang dipersiapkan setiap bulan untuk promosi melalui media Instagram. Influencer juga dihadirkan oleh Arya Music Production untuk memperkuat daya tarik konten iklan yang disebarluaskan. Ini membuktikan bahwa selain biaya yang perlu dikeluarkan, seorang figur publik punya peran untuk membuat pesan iklan penawaran jasa rekaman audio tidak sebatas menarik didengar, namun juga mampu menarik untuk dipandang. Belum lagi keberadaan talenta seperti Michela Thea, Siho, serta Umimma Khusna yang lahir dari proses kreatif bersama Arya Music Production cukup mampu menggambarkan keseriusan studio dalam membentuk posisi nilai tawar dari studio ini patut diperhitungkan. Bukti atas kualitas pengolahan audio dan produksi lagu aransemen ulang yang melibatkan talenta tersebut juga dapat dengan mudah ditemukan melalui media YouTube.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persaingan Pasar, Bisnis Studio Rekaman, Praktik Komunikasi Pemasaran
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 17 Nov 2021 11:58
Last Modified: 17 Nov 2021 11:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item View Item