PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE JENIS ESSENCE (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Proses Pengambilan Keputusan dalam Membeli Produk Perfect Hydrating Treatment Essence Avoskin di Kalangan Member Female Daily App)

Gaol, Eyleen Yerada Lumban (2021) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE JENIS ESSENCE (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Proses Pengambilan Keputusan dalam Membeli Produk Perfect Hydrating Treatment Essence Avoskin di Kalangan Member Female Daily App). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EYLEEN YERADA LUMBAN GAOL)
16 09 06008 1.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 06008 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 06008 3.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
16 09 06008 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
16 09 06008 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di tengah ketatnya persaingan industri skincare di Indonesia dan pada waktu di mana peminat essence masih tergolong rendah, merek skincare lokal bernama Avoskin justru sukses menaikkan namanya dengan penjualan produk jenis essence bernama PHTE (Perfect Hydrating Treatment Essence). Ulasan positif di berbagai media menjadi hal yang turut mendorong penjualan, salah satunya secara khusus terdapat pada platform ulasan Female Daily App, di mana PHTE Avoskin telah mendapatkan awards sebagai best essence dalam tiga tahun berturut turut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar peran media untuk mendorong keputusan pembelian pada kalangan skincare enthusiast melalui analisis proses pengambilan keputusan pembelian produk skincare jenis essence dari merek Avoskin bernama PHTE oleh kalangan member aktif Female Daily App. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan pengumpulan dokumen sebagai cara pengambilan data. Total sebanyak empat orang narasumber diwawancarai sebagai representasi dari kalangan member aktif Female Daily App yang pernah melakukan pembelian produk PHTE Avoskin. Wawancara dilakukan sebanyak tiga kali agar mendapatkan kelengkapan data serta menggunakan Whatsapp Call karena adanya keterbatasan jarak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan pembelian produk skincare jenis essence oleh member Female Daily App diawali dengan masalah internal, yaitu kulit wajah yang kering dan kusam, didukung oleh masalah eskternal berupa paparan informasi media. Pencarian informasi terdiri dari media online (Google, Instagram, Youtube, FD Talk); pribadi (keluarga, teman kantor) dan iklan di TV. Kriteria yang ditetapkan dalam evaluasi alternatif adalah jumlah sensitive ingredients yang dimiliki produk, rating produk dan kesan member lain dengan tipe kulit yang sama terhadap produk. Keputusan Pembelian jatuh kepada PHTE Avoskin karena rating lebih tinggi, kesan positif dari member lain dan dukungan harga diskon. Pada evaluasi pasca pembelian, kemasan PHTE Avoskin terkesan mewah dan kokoh, memiliki bau yang segar serta konsentrasi cair menuju kental. Efek yang dirasakan oleh narasumber adalah melembabkan, sedangkan untuk mencerahkan membutuhkan waktu penggunaan yang lebih lama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Pengambilan Keputusan, Peran Media, Produk Skincare
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 22 Nov 2021 09:35
Last Modified: 22 Nov 2021 09:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25395

Actions (login required)

View Item View Item