ANALISIS KELAYAKAN SARANA TRANSPORTASI KHUSUSNYA TROTOAR (STUDI KASUS PASAR PAKEM, SLEMAN YOGYAKARTA)

G.S., WALTRAUD ARI WIBOWO (2010) ANALISIS KELAYAKAN SARANA TRANSPORTASI KHUSUSNYA TROTOAR (STUDI KASUS PASAR PAKEM, SLEMAN YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS11388.pdf

Download (1201Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS11388.pdf

Download (129Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS11388.pdf

Download (394Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS11388.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS11388.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS11388.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS11388.pdf

Download (953Kb)

Abstract

Pasar merupakan suatu area dimana terdapat banyaknya aktivitas berjalan kaki. Keberadaan trotoar di pasar berfungsi menciptakan suatu jalur penghubung antar ruangan bagi pejalan kaki. Jumlah pejalan kaki di pasar, terutama di pasar Pakem yang semakin bertambah menyebabkan trotoar menjadi semakin padat. Oleh karena itu diperlukan evaluasi lebar efektif trotoar yang ada dilihat dari jumlah pejalan kaki yang menggunakan trotoar tersebut. Penelitian ini dilakukan bulan Desember dengan melakukan pengamatan dan menghitung secara langsung pejalan kaki/pedestrian yang melintas di Trotoar Pasar Pakem. Pengamatan dan pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan selama dua hari, di mana tiap harinya terbagi atas tiga sesi. Penelitian ini mengukur kelayakan trotoar dengan melihat kepadatan jumlah pejalan kaki yang melalui trotoar, sehingga dapat dilihat lebar efektif trotoar untuk berfungsi ideal. Hasil analisis diharapkan memberikan informasi yang dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut dalam upaya pembangunan dan pemeliharaan trotoar. Hasil penelitian berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 1993 dan Direktorat Jendral Bina Marga dalam Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Pertokoan No.11/T/Bt/1995, menunjukkan bahwa ternyata lebar jalur pejalan kaki yang dibutuhkan berdasarkan volume pejalan kaki (pejalan kaki/menit/meter) maksimal, hanya sebesar 1.517 meter = 1.5 meter. Hasil ini menunjukkan bahwa trotoar di pasar Pakem masih layak untuk digunakan. Walaupun telah memenuhi standar lebarnya, tetapi masih ada beberapa permasalahan yang mengganggu kenyamanan pejalan kaki, terutama menyangkut keberadaan kendaraan parkir dan pedagang kaki lima menggunakan trotoar sebagai tempat parkir dan tempat berjualan. Beberapa alternatif pemecahan masalah trotoar dapat melalui pembersihan warung-warung kaki lima, ketegasan member larangan untuk berjualan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis, kelayakan sarana transportasi, trotoar.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jun 2013 10:45
Last Modified: 26 Jun 2013 10:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item