ANALISIS SIMPANG EMPAT BERSINYAL JALAN YOS SUDARSO – JALAN PAHLAWAN KABUPATEN MANOKWARI – PAPUA BARAT

Mika, James (2010) ANALISIS SIMPANG EMPAT BERSINYAL JALAN YOS SUDARSO – JALAN PAHLAWAN KABUPATEN MANOKWARI – PAPUA BARAT. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS11560.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS11560.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS11560.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS11560.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS11560.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (Bab V)
5TS11560.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS11560.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu sarana transportasi darat yang mempunyai pengaruh sangat besar dalam menentukan keberhasilan perkembangan daerah. Dilihat dari perkembangannya, Manokwari sebagai ibukota Propinsi Papua Barat dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami banyak kemajuan dan peningkatan. Usaha pembangunan jalan di Papua Barat terkhusus di Manokwari sedang galakgalaknya dilakukan. Peningkatan jalan di kota Manokwari yang terus dilakukan adalah untuk mengakomodasi arus lalu lintas yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Seiring meningkatnya arus lalu lintas juga meningkatkan permasalahan dalam pengaturan arus lalu lintas itu sendiri. Salah satu simpang yang ramai dan terpadat di kota Manokwari adalah pada simpang Jl.Yos Sudarso – Jl.Pahlawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas, derajat kejenuhan serta panjang antrian. Mengetahui tingkat kesesuaian hitungan panjang antrian dilapangan dengan panjang antrian menurut MKJI 1997 terhadap jalan yang diamati. Menentukan solusi atau alternatif penanganan yang tepat agar kinerja simpang empat bersinyal Jalan Yos Sudarso – Jalan Pahlawan dapat menjadi lebih baik. Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan pengukuran untuk mengambil data lebar pendekat pada simpang tersebut. Data yang diambil adalah semua jenis kendaraan yang melewati simpang baik kendaraan yang belok kiri, lurus, maupun yang belok kanan, serta besarnya panjang antrian. Penelitian ini dilakukan selama tiga hari yaitu Senin (15/06/20090, Kamis (18/06/2009), dan Sabtu (20/06/2009), dengan jam pengamatan pagi pukul 06.00-08.00 WIT, siang pukul 11.00-13.00 WIT, sore pukul 13.00-15.00 WIT. Data tersebut kemudian diolah dengan Metode MKJI 1997. Kapasitas yang diperoleh untuk pendekat utara, timur, selatan, barat, yaitu 158,9 smp/jam, 392,3 smp/jam, 291,4 smp/jam, 309,2 smp/jam. Derajat kejenuhan yang diperoleh untuk pendekat utara, timur, selatan dan barat yaitu 2,18, 0,66, 1,32, 0,73. Panjang antrian yang terjadi untuk pendekat utara, timur, selatan dan barat yaitu 409 m, 35 m, 222 m, 35 m. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, panjang antrian menurut MKJI 1997 lebih besar sehingga tidak sesuai dengan panjang antrian di lapangan terutama pada pendekat utara dan selatan. Alternatif desain yang diberikan yaitu perubahan waktu hijau, perubahan geometrik jalan, perubahan geometrik jalan disertai perubahan waktu hijau, alternatif belok kiri mengikuti sinyal pada pendekat utara dan selatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan alternatif desain geometrik jalan disertai perubahan waktu hijau. Setelah dilakukan alternatif desain geometrik jalan disertai perubahan waktu hijau besarnya kapasitas utara, timur, selatan, dan barat adalah sebesar 462,7 smp/jam, 390,5 smp/jam, 513,8 smp/jam, 302,5 smp/jam. Sedangkan untuk derajat kejenuhan setelah diberikan alternatif desain geometrik jalan disertai perubahan waktu hijau pada masing-masing pendekat utara, timur, selatan, dan barat adalah sebesar 0,747, 0,660, 0,741, 0,731. Untuk panjang antrian utara, timur, selatan dan barat yaitu 205 meter, 127 meter, 163 meter dan 114 meter

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: simpang bersinyal, panjang antrian, kapasitas dan derajat kejenuhan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Jun 2013 10:51
Last Modified: 26 Jun 2013 10:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item