PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN DAN KECEPATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KAPTEN PIERRE TENDEAN

Hasibuan, Monika Erafim (2020) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN DAN KECEPATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KAPTEN PIERRE TENDEAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Monika Erafim Hasibuan)
160216659_bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216659_bab 1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216659_bab 2.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
160216659_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
160216659_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img]
Preview
Text
160216659_bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan kapten Pierre Tendean merupakan jalan dengan tipe jalan empat lajur dua arah dan merupakan daerah perdagangan yang memiliki tingkat arus lalu lintas tinggi pada jam sibuk. Tingginya aktivitas perdagangan pada ruas Jalan Kapten Pierre Tendean menimbulkan masalah terkait hambatan samping, hal ini menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan sehingga mengakibatkan kinerja Jalan Kapten Pierre Tendean menurun. Penelitian dilakukan dengan cara pengambilan data primer yang terdiri dari data volume lalu lintas, data hambatan samping, dan waktu tempuh kendaraan. Selain data primer, data yang diperlukan lainnya adalah data sekunder berupa data jumlah penduduk yang diperoleh dari Biro Pusat Statistik. Pengambilan data dilakukan selama tiga hari yaitu pada hari Rabu tanggal 6 November 2019, Hari Jumat tanggal 8 November 2019, dan hari Minggu tanggal 10 November 2019. Waktu penelitian dilakukan 3 sesi, yaitu pukul 06.30 – 08.30 WIB, pukul 12.00 – 14.00 WIB, dan pukul 17.00 – 19.00 WIB. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Hasil analisis data diperoleh arus lalu lintas (Q) pada saat jam puncak untuk arah utara sebesar 985,1 skr/jam dan untuk arah selatan sebesar 866,1 skr/jam, total frekuensi hambatan samping untuk arah utara sebesar 663,9 kejadian/200 m/jam dan untuk arah selatan sebesar 531,8 kejadian/200 m/jam, kapasitas (C) pada kedua arah lalu lintas yang terdapat kendaraan parkir secara terus menerus diperoleh sebesar 1202,256 skr/jam dan kapasitas pada kedua arah lalu lintas yang terdapat kendaraan parkir hanya di beberapa titik saja sebesar 1803,384, derajat kejenuhan pada ruas jalan yang terdapat kendaraan parkir secara terus menerus pada arah utara sebesar 0,82 dan pada arah selatan sebesar 0,72 dan derajat kejenuhan pada ruas jalan yang terdapat kendaraan parkir di beberapa titik pada arah utara sebesar 0,54 dan pada arah selatan sebesar 0,48. Faktor hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap kinerja ruas Jalan Kapten Pierre Tendean adalah faktor hambatan samping kendaraan keluar/masuk dari sisi jalan dan kendaraan parkir/berhenti di bahu jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan samping, kecepatan, kapasitas, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan jalan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2021 12:15
Last Modified: 24 Nov 2021 12:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25432

Actions (login required)

View Item View Item