PENERAPAN NILAI-NILAI THE TELKOM WAY DALAM PROGRAM CULTURE ACTIVATION DI PT. TELKOM WILAYAH YOGYAKARTA

NAINGGOLAN, PAULA ASTARI (2021) PENERAPAN NILAI-NILAI THE TELKOM WAY DALAM PROGRAM CULTURE ACTIVATION DI PT. TELKOM WILAYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PAULA ASTARI NAINGGOLAN)
161006090 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006090 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
161006090 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
161006090 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img]
Preview
Text
161006090 4.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Budaya organisasi atau sering disebut sebagai budaya perusahaan merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan daya saing perusahaan. Demikian pula dengan Telkom sebagai perusahaan yang kompetitif dan beriorentasi pada kepuasan pelanggan menyakini bahwa sistem dan budaya harus terus dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan perubahan bisnis untuk mewujudkan cita-cita terus maju. Telkom melakukan transformasi budaya sejak tahun 2009 yang disebut dengan The Telkom Way, yang kemudian diimplementasikan dalam program Culture Activation. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan nilai-nilai The Telkom Way pada program Culture Activation di PT. Telkom wilayah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dilakukan dengan metode wawancara purposeful sampling, maka informan yang dipilih penulis adalah manajer, asisten manajer, dan mahasiswa yang pernah magang di PT. Telkom wilayah Yogyakarta. Data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumen Telkom. Setelah melakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan penerapan nilainilai The Telkom Way pada Telkom Yogyakarta sudah berjalan dengan cukup baik. Karyawan Telkom dalam kesehariannya sudah menerapkan nilai speed, smart, imagine, dan action dengan sangat maksimal dan baik. Sedangkan nilai integrity, enthuasiasm, totality, focus dan solid, secara keseluruhan sudah diterapkan dengan cukup baik, hanya ada beberapa karyawan yang kurang menerapkannya dengan baik, sehingga penerapan nilai-nilai tersebut kurang maksimal. Kemudian, budaya Telkom Yogyakarta juga merupakan budaya yang kuat karena Telkom memenuhi semua unsur-unsur budaya kuat menurut teori Kotler dan Hesket dan tidak memenuhi unsur-unsur budaya lemah menurut teori Schein. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menyarankan agar Telkom mempertahankan dan meningkatkan upaya menciptakan lingkungan yang nyaman dan pemberian penghargaan kepada karyawan dalam menerapkan nilai-nilai The Telkom Way, serta memperketat pengawasan dan memberikan sanksi yang lebih tegas apabila terjadi pelanggaran mengenai kedisiplinan karyawan dalam menerapkan nilai-nilai The Telkom Way

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: budaya perusahaan, nilai, penerapan
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 24 Nov 2021 10:34
Last Modified: 24 Nov 2021 13:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25447

Actions (login required)

View Item View Item