USULAN STRATEGI PEMASARAN DAN PERBAIKAN KUALITAS DENGAN METODE QSPM DAN MIPA DI RESTORAN X

KAMAL, STELLA VALENTINA (2021) USULAN STRATEGI PEMASARAN DAN PERBAIKAN KUALITAS DENGAN METODE QSPM DAN MIPA DI RESTORAN X. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STELLA VALENTINA KAMAL)
170609345 0.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609345 1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170609345 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170609345 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
170609345 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170609345 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
170609345 6.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

INTISARIPerkembangan bisnis menyebabkan persaingan antar restoran menjadi semakin ketat, Restoran X menjadi salah satu restoran yang merasakan dampak dari persaingan tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya jumlah penurunan transaksi. Banyak pelanggan yang memilih berkunjung ke restoran kompetitor dibandingkan Restoran X. Beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing, yaitu melalui peningkatan kualitas pelayanan dan pemasaran. Restoran X yang belum mengetahui kinerjanya, membutuhkan metode pengukuran kinerja kualitas pelayanan yang tepat. Metode yang digunakan adalah Modified Importance Performance Analysis. Melalui metode ini, Restoran X dapat mengetahui atribut kinerja yang menjadi kelemahan dan kekuatan restoran jika dibandingkan dengan restoran kompetitor. Selain itu, Restoran X perlu melakukan strategi pemasaran untuk menarik minat pembeli yang belum pernah mengunjungi restoran atau yang sudah pernah dan lama tidak berkunjung. Metode Quantitive Strategic Planning Matrixdigunakan untuk merumuskan strategi yang paling tepat diterapkan sesuai dengan keadaan aktual restoran, berdasarkan faktor internal berupa kelemahan dan kekuatan serta faktor eksternal, yaitu ancaman dan peluang. Berdasarkan pemetaan dengan metode MIPA, atribut kinerja yang menjadi kelemahan Restoran X dibandingkan dengan restoran kompetitor adalah variasi menu makanan, penampilan dan suasana restoran, faktor pelayanan, dan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan. Usulan perbaikan untuk meningkatkan kinerja Restoran X yaitu menambah variasi menu makanan, memberikan pelatihan, menciptakan instruksi kerja dan checklist, serta memberikan tambahan interior ruangan. Tidak hanya melalui peningkatan kinerja, Restoran perlu menerapkan strategi pemasaran yaitu dengan menciptakan inovasi baru, quality control, dan mengadakan promosi. Strategi tersebut dirumuskan dengan metode QSPM yang disesuaikan dengan faktor internal dan eksternal restoran didalam matriks SWOT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kinerja, pemasaran, MIPA, QSPM, dan prioritas perbaikan
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 5 uajy
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:06
Last Modified: 02 Dec 2021 09:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25657

Actions (login required)

View Item View Item