STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU SEKOLAH DASAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA GURU-GURU SD NEGERI JURUGENTONG, KECAMATAN, BANGUNTAPAN, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Siburian, Yohana Febria (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH GURU SEKOLAH DASAR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA GURU-GURU SD NEGERI JURUGENTONG, KECAMATAN, BANGUNTAPAN, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Yohana Febria Siburian)
161006061 0.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006061 1.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
161006061 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text
161006061 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
161006061 4.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami suatu perkembangan dengan memanfaatkan media teknologi sebagai alatpendukung pada proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 membuat proses belajar mengajar berubah menjadi pembelajaran daring, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.Oleh karena itu setiap guru SD Negeri Jurugentong harus bisa mengendalikan dan mengoperasikan media teknologi agar pelaksanaan pembelajaran kepada siswa dapat berjalan dengan baik meskipun adanya keterbatasan dalam proses belajar mengajar akibat pandemi. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan para guru SD Negeri Jurugentong dengan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasidi saat masa pandemi Covid-19.Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data adalah informan para guru SD Negeri Jurugentong. Data yang dikumpulkan pada penelitian iniadalah melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jurugentong Kecamatan, Banguntapan, Bantul, DaerahIstimewa Yogyakarta. Kemudian data yang telah diporeleh selanjutnya dipilah, direduksi, dianalisis dan dilakukan penarikan kesimpulan.Berdasarkan temuan penelitian di lapangan penulis menemukan bahwa strategi pembelajaran berbasis TIK yang digunakan olehpara guru SD Negeri Jurugentong, yaitu menciptakan lingkungan yang positif, memberikan umpan balik yang tepat, dan menggunakan media teknologi sebagai saran penunjangpembelajaran di masa pandemi. Adapun media pembelajaran yang digunakan yaitu Whats App,Youtube, Google Meet, Google Classroom dan Zoom.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Guru, Media Pembelajaran.
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:58
Last Modified: 02 Dec 2021 09:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25668

Actions (login required)

View Item View Item