EFEKTIVITAS IKLAN STARBUCKS “SHARE TWO-GETHER” PADA AKUN INSTAGRAM @STARBUCKSINDONESIA BERDASARKAN PERHITUNGAN CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI) (Studi Pada Followers Akun Instagram @starbucksindonesia)

ALIM, VANIA FERNANDA (2021) EFEKTIVITAS IKLAN STARBUCKS “SHARE TWO-GETHER” PADA AKUN INSTAGRAM @STARBUCKSINDONESIA BERDASARKAN PERHITUNGAN CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI) (Studi Pada Followers Akun Instagram @starbucksindonesia). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (VANIA FERNANDA ALIM)
17 09 06334 0.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06334 1.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06334 2.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
17 09 06334 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06334 4.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 telah mempengaruhi penurunan ekonomi berbagai bisnis termasuk kuliner. Berbagai brand kuliner telah mengalami kerugian besar-besaran karena pandemi, salah satunya Starbucks telah mengalami kerugian hingga 9,9 triliun. Ditengah pandemi Starbucks mengeluarkan inovasi produk baru yaitu minuman Starbucks dalam kemasan botol 1 Liter dengan promonya Starbucks “Share Two-Gether” demi bertahan ditengah pandemi. Untuk memperkenalkan inovasinya Starbucks menggunakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yaitu periklanan melalui akun instagram milik Starbucks @starbucksindonesia. Iklan yang dibuat berupa postingan konten feed mengenai promo Starbucks “Share Two- Gether” berupa foto dan caption penjelasan mengenai promo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas iklan Starbucks “Share Two-Gether” di media sosial instagram terhadap followers akun instagram @starbucksindonesia yang diukur menggunakan perhitungan Costumer Response Index (CRI). Perhitungan Costumer Response Index akan mengukur efektivitas iklan melalui lima tahapan yang saling berkaitan yaitu awareness, comprehend, interest, intentions, dan actions dimana hasilnya akan saling mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan 100 followers @starbucksindonesia sebagai responden kusioner. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan CRI didapatkan nilai CRI akhir sebesar 65% dimana nilai tersebut lebih besar daripada nilai hasil perhitungan lainya yaitu nilai Unaware (6%), No Comprehend (8%), No Interest (8%), No Intentions (4%), dan No Actions (9%). Sehingga iklan Starbucks “Share Two- Gether” di media sosial instagram dapat disimpulkan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Iklan, Efektivitas Iklan, CRI, Instagram
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 03 Dec 2021 11:37
Last Modified: 03 Dec 2021 11:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25719

Actions (login required)

View Item View Item